Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Brokoli !! Inilah Cara Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Brokoli ( Brassica oleracea L. Kelompok Italica ) merupakan tanaman sejenis sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli ini berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama ( sekitar tahun 1970-an ) dan saat ini sudah cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli ini biasanya yang dimakan ialah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip seperti kembang kol namun brokoli ini berwarna hijau sedangkan pada kembang kol putih. Tanaman brokoli ini merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin. Dan brokoli merupakan sebagai makanan yang biasa direbus atau dikukus atau bisa juga dimakan mentah-mentah.

brokoli

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Brokoli !! Inilah Cara Pengendaliannya

Setiap tanaman pastinya memiliki permasalahan hambatan atau memiliki musuh dalam pertumbuhannya tak terkecuali pada tanaman brokoli ini. Hama dan penyakit yang merupakan hambatan atau permasalah yang terbesar. Maka dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman brokoli sangatlah prioritas, hal ini disebabkan karena harapan tanaman dapat tumbuh prima sehingga diharapan produk dapat maksimal.

Baca Juga :

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu adanya perlindungan tanaman secara terpadu. Pentingnya dalan pengendalian hama terpadu yaitu untuk melakukan pengendalian dan mengenal organism pengganggu tanaman yang menyerang, gejala serangan, cara penyebaran dan factor-faktor perkembangan organism pengganggu tanaman. Tujuan untuk memperoleh pertumbuhan tanaman yang optimal kepastian keberhasilan panen mutu produk yang tinggi dan aman untuk dikomsumsi diharapkan dapat menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekologis. Nah berikut ini organism pengganggu tanaman brokoli yang perlu diperhatikan dan dikendalikan ialah :

Hama Pada Tanaman Brokoli

Ulat Tritip/Ulat Daun ( Plutella xylostella )

Hama ini menyerang tanaman brokoli akibat yang ditimbulkan daun mengalami kerusakan/berlubang-lubang. Ulat tritip memakan bagian bawah daun sehingga tinggal epidermis bagian atas saja. Ulatnya kecil kira-kira 5 mm berwarna hijau dan jika sentuh akan menjatuhkan diri dengan menggunakan benang. Ulat ini cepat sekali kebal terhadap satu jenis insektisida.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan sanitasi lingkungan disekitar areal tanaman. Kemudian musnahkan jika populasi ulat sudah diambang ekonomis dapat dilakukan penyemprotan dengan menggunakan Emameksin Benszoat dengan dosis 0,5 g/liter.

Ulat Tanah ( Agrotis Ipsilon )

Hama ini bila menyerang tanaman brokoli maka gejala yang terlihat pada daun dan pangkal tanaman ( titik tumbuh ) berlubang tidak beraturan sehingga tanaman tidak dapat membentuk masa bunga karena telah berhenti pertumbuhannya akibatnya putus pangkal batang.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dengan secara mekanis agak sulit dilakukan karena hama ini bila siang hari bersembunyi didalam tanah atau dapat juga dilakukan dengan membongkar tanah secara berhati-hati disekitar tanaman yang terpotong. Dan jika serangan terlalu banyak maka dapat dilakukan dengan menggunakan Profenos 1,5-2 ml/lt atau Klorfenapir 1-1,5 ml/lt.

Penyakit Pada Tanaman Brokoli

Penyakit Busuk Hitam

Penyakit ini disebabkan oleh Bakteri adapun gejala serangan penyakit ini pada bagian tepi daun yang terinfeksi berwarna kuning pucat yang kemudian meluas ketengah. Bakteri ini berbentuk batang dengan ukuran 0,7 – 3,0 x 0,4 – 0,5 mm, membentuk rantai, berkapsul tidak bersepora, bergerak dengan satu flagellum polar.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dengan melakukan penyemprotan bakterisida seperti Agrimysin ataupun Agrept pada kosentrasi 0,1% – 0,2%. Dan untuk pencegahan dapat dilakukan dengan sterilisasi benih sebelum disemaikan dengan menggunakan air hangat yang bersuhu 500 Celcius selama 30 menit. Dan dapat juga dengan melakukan pergiliran tanamn yang bukan safamili dengan rentang waktu ± 3 tahun berturut-turut terutama didaerah yang berbasis penyakit busuk hitam, menjaga kebersihan kebun. Atau juga dengan menanam jenis atau varietas kubis yang tahan terhadap penyakit busuk hitam.

Penyakit Akar Bengkak

Penyakit ini disebabkan oleh Cendawan Plasmodphora baraaicaevar. Akibat serangan gejala yang terlihat pembengkakan pada akar yang mengakibatkan rusak dan membusuknya susunan jaringan akar.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menyemprotkan larutan sublimat dengan konsentrasi 0,05 % – 0,1 % kedalam tiap-tiap lubang tanaman dengan dosis masing-masing yaitu 125 cc -250 cc.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Brokoli !! Inilah Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.