Cara Mudah Menanam Tomat Di Dalam Polibag ( Pot )

Posted on

TutorialTani.Com – Tomat merupakan tanaman yang termasuk salah satu ke dalam kategori sayuran. Tomat ini dapat tumbuh dengan subur didataran rendah atau didataran tinggi hal ini tergatung dari varietas tanaman tomat tersebut, agar mendukung tomat dapat tumbuh dengan baik maka bisa menggunakan tanah yang subur maupun gembur kurang lebih pH tanah yaitu 5.5-7. Tomat ini bisa mencapai ketinggian hingga 3 meter akan tetapi yang dibudidayakan bagi para petani biasanya tingginya kurang dari itu. Tomat di potong bila sudah mencapai tinggi hal ini bertujuan agar tomat dapat tahan dan tidak roboh.

Cara Menanam Tomat Di Pot

Cara Mudah Menanam Tomat Di Dalam Polibag ( Pot )

Dalam membudidayakan pada tanaman tomat ini banyak cara yang diantara dengan lahan terbuka, hidroponik, tanaman vertikultur atau dapat juga dengan menggunakan media polybag atau pot. Untuk cara menanam tomat dengan menggunakan media polibag atau pot dapat menjadi salah satu cara yang terbilang hemat dan simple untuk budidaya tomat.

Baca Juga :

Nah berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat akan menanam tomat di polibag atau pot simak ulasannya berikut ini.

Pemilihan Benih Tomat

Dalam menanam tomat agar hasil yang didapat optimal maka perlu mengetahui ciri-ciri benih tomat yang memiliki kualitas baik maupun bagus sebagi berikut :

  • Tidak memiliki cacat/luka
  • Kondisi sehat tidak menunjukan adanya serangan hama maupun penyakit
  • Kondisi bersih dari kotoran
  • Dan pada benih tersebut tidak keriput

Teknik Penyemaian Benih Tomat

Langkah berikutnya setelah proses penyeleksian benih tomat selesai, selanjutnya benih tomat didesinfektan dengan cara merendalam benih tomat ke dalam larutan fungisida, hal ini bertujuan agar mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit mati, setelah itu baru dapat disemai di persemaian. Selanjutnya setelah benih tumbuh dan berumur 7-10 hari bibit dipindahkan ke dalam kantong kecil lalu dibiarkan dahulu selama 17-21 hari. Kemudian bibit siap untuk dipindahkan ke dalam pot.

Persiapan Pot

Untuk media tanam yang akan digunakan seperti pot memiliki macam-macam yaitu pot semen, pot keramik, pot plastic atau pot tanah, polybag, kaleng-kaleng bekas. Media pot yang akan digunakan harus memiliki lubang permukaan bawahnya sehingga air dapat keluar dengan mudah.

Persiapan Media Tanam

Untuk langkah berikutnya yakni dengan media tanam yang perlu dilakukan yang akan digunakan seperti abu sekam bakar, pupuk kandang, tanah dengan memiliki perbandingan 2 : 1 : 1 semua media tanam tersebut dicampur rata lalu dimasukan ke dalam media yang akan kita gunakan yaitu pot.

Penanaman Tanaman Tomat

Langkah selanjutnya setelah benih sudah berumur 30 hari maka yang perlu dilakukan yakni penanaman ke dalam polibag atau pot.

Pemeliharaan Tanaman Tomat

Pada tanaman yang sudah ditanam dalam pot maka diletakkan di tempat yang berteduh, setelah bertunas baru tumbuh maka tanaman tersebut dapat dipindahkan di pekarangan yang terbuka atau ditempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Untuk tindakan pemeliharaan pada tanaman tomat yang lain diantaranya yaitu :

  • Penyiraman
    Untuk tahapan ini dapat dilakukan 2 kali sehari yakni pada pagi dan sore. Dengan air yang secukunya.
  • Pemasangan Ajir
    Tahapan berikutnya agar tanaman tomat tersebut tumbuh dengan tegak maka perlu dipasang ajir di pinggiran tanaman tersebut.
  • Pemupukan
    Tahapan dalam pemiliharaan tanaman tomat berikutnya, karena tomat ini tergolong sayuran buah maka setelah benih tumbuh menjadi bibit selain diberikan pupuk N ( Urea ) tanaman perlu diberikan pupuk P dan K hal ini untuk meransang terjadinya penbungaan dan buah.
  • Hama Dan Penyakit
    Dalam tahap pemeliharaan hama dan penyakit untuk pengendalian hama seperti ulat tanah maka untuk pengendaliannya dengan memberikan furadan 3 G pada sekitar pangkal batang. Dan untuk penyakit seperti busuk daun untuk pengendaliannya dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida.

Pemanenan Tanaman Tomat

Untuk langkah terakhir yakni dengan pemanenan, memang hal ini merupakan yang ditunggu-tunggu, yang setelah sekian lama menanam akahirnya kita dapat melakukan pemanenan tomat. Untuk jangka pemanenan sendiri kurang lebih biasanya membutuhkan waktu 3 bulan. Hal ini tergantung juga dari pemilihan jenis tomat. Untuk ciri-ciri tomat yang sudah besar yakni warnanya berubah yang awalnya hijau menjadi agak kuning-kuningan. Dan lihat juga tepi daun biasanya sudah terlihat mengering dan batangnya menguning. Untuk pemanenan itu sendiri pada buah yang sudah matang.

Untuk jangka waktu dalam pemetikan yang bagus yaitu kurang lebih antara 2-3 hari sekali. Jangan terlalu sering hal ini karena akan berakibat pada rusaknya tanaman tomat. Memang tomat tidak dapat matang secara serentak kita dapat memilih yang matang untuk di petik. Untuk waktu pemetikan sendiri dilakukan pada waktu sore hari, karena sinar matahari sudah tidak terlalu panas sehingga sangat cocok sekali untuk melakukan pemanenan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Tomat Di Dalam Polibag ( Pot ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂