Ternyata Budidaya Cucak Ijo Lahan Bisnis Yang Sangat Menguntungkan

Posted on

TutorialTani.com – Cucak ijo atau biasa disebut dengan cucak hijau ternyata tidak hanya bisa dijadikan sebagai hoby saja tapi bisa juga sebagai lahan bisnis yang amat menguntungkan sekali. Dengan tekun mempelajari teknik beternak cucak ijo yang baik dan benar pastinya kita dapat mengembangkan budidaya jenis burung ini untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Di berbagai wilayah khususnya di Indonesia sudah terdapat banyak sekali untuk penggemar yang sangat menyukai cucak ijo tersebut hal ini karena burung ini memiliki suara yang merdu sekali dan juga karena memiliki tubuh yang sangat cantik dengan dominasi warna hijau yang terdapat pada bulu-bulunya.

cucak ijo

Ternyata Budidaya Cucak Ijo Lahan Bisnis Yang Sangat Menguntungkan

Mungkin dalam memmbudidayakan cucak ijo ini ada beberapa faktor kesulitan yang akan kita alami dalam usaha yang dijalankan. Karena teknik budidaya burung ini memang akan cukup rumit tapi bagi mereka yang belum terbiasa saja untuk membudidayakannya. Akan tetapi dengan cara budidaya yang tepat sangat mungkin untuk dapat dipelajari dari berbagai sumber termasuk dari postingan ini sehingga mereka yang ingin melakukannya dengan baik dan benar.

Menyiapkan Kandang

Hal yang pertama untuk melakukan budidaya cucak ijo tersebut kita harus menyiapkan sebuah kandang atau tempat untuk berkembang biaknya. Untuk masalah kandang ini bisa kita dapatkan dengan membeli di toko-toko ataupun kita membuat sendiri dari bahan bambu atau kayu.

Untuk masalah ukuran kandang pemeliharaan cukup yang standar saja, yaitu dengan memiliki ukuran luas sekitar 0,5 meter panjang x 0,5 meter lebar x 1 meter tinggi. Dan yang untuk proses pengembang biakan, untuk ukuran kandang yang ideal biasanya yakni yang cukup besar yaitu sekitaran 1 meter panjang x 1 meter lebar x 1 meter tinggi.

Ada beberapa perlengkapan kandang yang cukup penting yakni wadah air minum, tempat atau wadah makanannya, dan batang atau tangkai pohon untuk tempat tangkring atau hinggap burung tersebut juga dikasih serabut-serabut kelapa untuk dijadikan tempat sarangnya.

Untuk menjaganya kebersihan pada perlengkapan kandang tersebut sangat perlu sekali untuk dikontrol setiap harinya. Demikian juga dengan kebersihan alas kandang dari kotoran-kotoran. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan burung tersebut dari berbagai penyakit yang berasal dari kuman, bakteri ataupun virus karena tumpukan kotoran.

Mengawini atau Menjodohkan Burung Cucak Ijo

Untuk beternak cucak ijo ini dengan proses yang biasa disebut denga menjodohkan antara induk jantan dengan induk betina. Yang caranya cukup sederhana diawali dengan menseleksi indukan-indukan yang mempunyai kualitas untuk dijodohkan.

Setelah mendapatkan pasangan yang cocok lalu sandingkan kandang indukan jantan dengan kandang betina agar keduanya saling dapat mengenal satu dengan yang lainnya. Apabila sudah saling akrab maka keduanya kita masukan ke dalam satu tempat atau kandang agar kawin lalu kemudian bertelur.

Cara Memilih Indukan Yang Berkualitas

Untuk memilih indukan yang bagus merupakan salah satu proses yang sangat penting di dalam pembibitan. Apabila ingin mendapatkan keturunan yang bagus maka induknya juga harus yang bagus pula. Indukan-indukan yang bagus ditandai dengan beberapa hal, yang diantaranya yakni mempunyai suara yang lantang dan sangat merdu, memiliki waran tubuh yang sangat cantik dan juga memiliki ukuran tubuh yang besar dan juga sehat.

Biasanya indukan yang bagus berharga cukup mahal, tetapi apabila usaha budidaya berhasil maka bibit yang akan di peroleh juga akan memiliki kualitas dan sehingga dapat nilai jual tinggi.

Baca juga :

Cara Kasih Pakan Cucak Ijo

Untuk langkah selanjutnya didalam cara ternak cucak ijo yakni untuk pemberian pakan harus secara efektif. Agar mendapatkan kualitas yang sempurna, untuk proses pemberian pakan juga harus dilakukan dengan seksama. Untuk pakan yang sangat disukai yaitu buah-buahan segar misalnya pisang kapok, tomat, papaya dan yang lainnya.

Berikutnya untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya yaitu perlu untuk menambahkan pakan berupa jangkring, cacing, voer dengan campuran vitamin dan yang lainnya.

Penanganan Terhadap Beberapa Masalah

Saat kesehatan burung tersebut tampak menurun ada baiknya kita dapat atasi dengan cara menambah jatah jangkrik. Lalu kita juga bisa memberikan pakan kroto sebanyak 3x seminggu. Kemudian untuk jatah mandi agak dikurangi dan burung segera disendirikan atau isolasi kemudian kita tambahkan pors penjemuran pada saat pagi harinya.

Cukup mudah bukan ….. !!!

Nah inilah Ternyata Budidaya Cucak Ijo Lahan Bisnis Yang Sangat Menguntungkan semoga dengan adanya postingan ini semoga menjadi inspirasi bagi anda yang ingin usaha sampingan, semoga bermanfaat… Amin.