Cara Budidaya Tanaman Bunga Kenanga “Yang Bernilai Ekonomi”

Posted on

TutorialTani.Com – Untuk kesempatan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara budidaya tanaman bunga kenanga. Kalu begitu tidak perlu berlama-lama, langsung saja kita bahasa satu per satu. Tanaman bunga kenanga merupakan salah satu jenis tanaman yang paling banyak dikenal dan ditanam oelh banyak masyarakat di Indonesia, karena tanaman ini memiliki keindahan pada bagian kelopak bunganya serta bau yang sangat harum.

Budidaya Tanaman Bunga Kenanga

Cara Budidaya Tanaman Bunga Kenanga “Yang Bernilai Ekonomi”

Pada umumnya tanaman ini hanya dijual bagian bunganya saja, karena bagian tersebut banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan parfum. Selain dapat dimanfaatkan keindahannya dan aroma harumnya, ternyata apabila kita ingin membudidayakan tanaman bunga kenanga. Kita juga bisa mendapatkan keuntungan finansial, sehingga bisa untuk meningkatkan pendapatan ekonomi.

Cara Budidaya Tanaman Bunga Kenanga

Dalam melakukan budidaya tanaman bunga kenanga, diperlukan tiga langkah supaya tanaman tersebut dapat tumbuh dan dapat menghasilkan bunga yang memiliki kualitas. Ketiga langkah tersebut diantaranya yakni pembibitan, penanaman dan juga perawatan.

Langkah Pembibitan

Apabila ingin membudidayakan pada tanaman bunga kenanga, kita bisa mendapatkan bibit dari biji, stek ataupun cangkok. Bila ingin menggunakan bibit yang berasal dari biji, sebaiknya dengan melakukan proses semai terlebih dahulu dalam media tanam yang berupa tanah yang dicampur dengan pupuk organik. Dan untuk perbandingan cukup 1:1.

Yang selanjutnya semaikan benih tersebut, lalu tutupi dengan menggunakan tanah tipis-tipis. Lakukan penyiraman secara berkala, hingga bibit tersebut tumbuh dan pindahkan bibit tersebut jika sudah mencapai ketinggian lebih dari 20 cm.

Namun bila kita menginginkan untuk menggunakan bibit yang berasal dari proses cangkok atau stek. Maka dalam hal ini pilihlah batang dengan diameter yang cukup, tegak lurus dan memiliki percabangan daun yang tidak terserang hama maupun penyakit.

Langkah Penanaman

Begitu mendapatkan bibit tanaman bunga kenanga, kita dapat menanamkan bibit tersebut ke media tanam yang sudah diberikan pupuk terlebih dahulu sebelum dilakukan penanaman. Di usahakan pada media tanam yang akan kita gunakan memiliki kedalaman 10-15 cm, kemudian masukan bibit dan tutup lubang tersebut dengan menggunakan tanah sampai rata serta tekan sampai padat supaya tanaman tidak mudah rubuh saat tertiup oleh angin.

Selain itu, dipastikan untuk memberikan jarak antara satu tanaman dengan tanaman yang lainnya. Hal ini dikarenakan, tanaman bunga kenanga dapat tumbuh mencapai 12 m dengan memiliki lebar mencapai 5 m. Sehingga sangat diperlukannya jarak antara satu tanaman dengan tanaman lainnya.

Langkah Perawatan

Pada umumnya tanaman kenanga tidak membutuhkan air dalam jumlah yang banyak sehingga kita hanya perlu melakukan penyiraman seperlunya saja. Apabila perlu lakukan penyiraman secara berkala antara 2-3 hari sekali, supaya pertumbuhan tanaman bunga kenanga semakin baik. Dan selain penyiraman kita juga dapat melakukan dengan penyaingan secara berkala dan melakukan pemupukan supaya pertumbuhan dan produktivitas tanaman bunga kenanga semakin maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Budidaya Tanaman Bunga Kenanga “Yang Bernilai Ekonomi” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: