Tanaman Sukun Anda Terserang Hama Dan Penyakit !!! Inilah Teknik Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Bagi sebagian orang pastinya tidak asing lagi dengan jenis tanaman sukun yang satu ini. Pada buah sukun ini sudah banyak sekali dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai aneka makanan, pada sukun yang sudah tua bisa diolah dengan cara direbus, digoreng, dibuat keripik dan juga dapat dibuat tepung.

sukun

Tanaman Sukun Anda Terserang Hama Dan Penyakit !!! Inilah Teknik Pengendaliannya

Selain itu juga sukun dapat diolah menjadi tipe melalui fermentasi, sedangkan untuk bunganya sukun yang jantan dan telah kondisi kering bisa dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat nyamuk dan air rebusan dari daun sukun tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit kuning atau juga untuk penyakit hepatitis.

Untuk tanaman sukun bisa diperbanyak dengan cara distek akar atau pencangkokkan, walaupun tanaman sukun dapat diperbanyak dengan cara okulasi atau sambung pucuk pada bagian batang bawah, akan tetapi cara ini tidak dianjurkan karena untuk keberhasilan dalam proses budidayanya relatif lebih lama dan rendah. Pada tanaman ini dalam membudidayakan tanaman sukun juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit tanaman sukun.

Baca juga :

Berikut beberapa jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman sukun beserta dengan teknik pengendaliannya :

Hama Tanaman Sukun

Untuk jenis hama yang sering sekali menyerang pada tanaman sukun yang diantaranya ialah

  • Penggerek batang( Xyleberus )
  • Dan Lalat buah ( Dacus sp )

Hama penggerek ini jika menyerang pada tanaman sukun bisa membuat tanaman sukun tersebut mati, oleh karenanya bila tanaman terserang oleh jenis hama ini harus segera dimusnakan. Selain itu terdapat pula jenis hama lainnya yaitu :

  • Bekicot ( Achatina fulica ) hama jenis ini mengganggu persemaian tanaman sukun.
  • Belalang ( Valangsa sp ) hama jenis ini menyerang tanaman sukun pada bagian batangnya.
  • Penggerak buah sesuai dengan namanya hama jenis ini menyerang bagian buah dari tanaman sukun.
  • Keluang ( Pterocarpus edulis ) hama ini dapat menyerang bagian buah dari tanaman sukun.

Cara Pengendalian

Dapat dilakukan dengan menyumbat rapat lubang gerekan pada bagian batangnya dengan cara menggunakan aspal atau bisa juga dengan menyiram batang tanaman sukun tersebut dengan menggunakan larutan insektisida.

Penyakit Tanaman Sukun

Mati Tunas Semai

Penyakit ini biasa menyerang bibit sukun, penyakit ini disebabkan oleh tingginya kelembaban terutama pada saat musin penghujan, hal ini membuat tunas semai ditumbuhi jamur. Jamur yang menyerang dapat menyebabkan tunas yang tumbuh dari pencakokkan atau stek mengalami layu pucuk, lalu mengering dan ujungnya mati.

Cara Pengendalian

Dapat dilakukan dengan melakukan persemaian yang sesuai dengan petunjuk teknis yang benar, dapat pula melakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida pada bedengan persemaian dan tidak boleh terlalu lembab pada saat penyiraman.

Gugur Buah

Penyakit ini sering sekali ditemui pada saat kondisi musim hujan dari pada saat musim kemarau. Gugur buah lebih sering menyerang pohon yang sudah tua dan berbuah lebat dari pada pohon yang masih muda dan memiliki buah yang sedikit. Pada tanaman sukun yang terserang oleh penyakit ini ditandai dengan terdapat bercak kecoklatan pada tangkai buah.

Cara Pengendalian

Dapat dilakukan dengan membuat kondisi pohon sukun tetap sehat yakni dengan cara melakukan perawatan lingkungan serta pemberian pupuk yang tepat dan teratur.

Busuk Buah

Gejala dari busuk buah ini ditandai dengan pembusukan pada permukaan luar buah dan kemudian diikuti dengan pembusukan pada bagian yang ada didalam buah sukun. Penyakit busuk buah yang meyerang tanaman sukun ini menyebabkan gagal panen sehingga produksi menjadi berkurang. Buah sukun yang terserang penyakit ini bisa bertahan diatas pohon hingga tua namun terdapat pula buah yang gugur sebelum tua.

Cara Pengendalian

Dapat dilakukan dengan cara membungkus buah sukun yang masih muda.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Sukun Anda Terserang Hama Dan Penyakit !!! Inilah Teknik Pengendaliannya ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂