Tanaman Karet Anda Terserang Hama !! Inilah Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Karet

Posted on

TutorialTani.Com – Tanaman karet yang sebagaimana tanaman yang lainnya, tanaman karet juga tidak luput dari serangan atau gangguan hama. Serangan hama ini perlu segera ditangani agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan produktivitasnya maksimal. Nah untuk lebih jelasanya gangguan atau serangan hama maupun penyakit dan cara pengendaliannya dapat disimak berikut ini.

Hama Pada Tanaman Karet

Tanaman Karet Anda Terserang Hama !! Inilah Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Karet

Ada berbagai macam jenis hama yang menjadi musuh tanaman karet mulai sejaka tahap pembibitan penanaman hingga ke tahap produksi. Hama ini juga termasuk sulit untuk dikendalikan yaitu :

Baca Juga :

Hama Tikus ( Rattus sp. )

Hama ini termasuk hama yang paling lama menyerang tanaman ini, hama ini menjadi musuh bebuyutan bagi para petani karet. Kerena hama ini sudah muncul sejak dari tahap persemaian, pembibitan, hama ini sudah mengganggu karena meruak tanaman dengan memakan pada daun serta tanaman bibit yang masih kecil.

  • Cara Pengendalian

    Untuk mengendalikan hama ini dengan cara melindungi dengan memagari dan menutup hingga rapat dengan kawat kasa hal ini bertujuan agar tikus tidak dapat merusaknya.

Hama Belalang

Dalam saat pesemaian selain hama tikus, ada juga hama lainnya seperti belalang. Kenapa belalang termasuk musuh bagi para petani, karena belalang ini dapat merusak tanaman karet pada tahap persemaian yakni dengan memakan daun yang masih muda. Bagaimanapun serangga hal ini dapat berbahaya karena termasuk sangat hawa atau rakus. Tak segan-segan apabila daun mudah sudah habis hama ini juga memakan daun sudah tua.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan insektisida jenis Thiodan, untuk penyemprotan dapat dilakukan setiap 1-2 sekali.

Hama Siput ( Achatina fulicd )

Pada saat pembibitan hama ini juga dapat membuat masalah bagi para petani, sebab hama ini gemar memakan daun karet di lokasi pembibitan. Akibat serangan hama ini gejala akan terllihat pada daun akan mengalai patah-patah. Pada daun yang patah ini terdapat alur berwarna keperak-perakan yang mengkilap yang merupakan jejak siput.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini secara mekanis dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan hama tersebut jauhkan dari tanaman karet tersebut. Dan dengan secara kimiawi dengan membuat formula racun dari campuran dedak, kapur, semen dan meradex. Dengan melarutkan dedak ini dilembabkan terlebih dahulu dengan cara diberi air sedikit kemudian diletakkan di areal pembibitan.

Hama Uret Tanah

Hama ini merupakan larva dari beberapa jenis kumbang seperti Helotrichia serta Helotrichia rufajlava. Hama ini memiliki ciri seperti huruf C dengan memiliki warna putih hingga cenderung kuning pucat. Hama ini termasuk hama yang dapat merugikan karena dapat memakan pada bagian tanaman karet yang berada di dalam tanah.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dengan menaburkan jenis Furadan 3 G . Untuk secara mekanis dapat dilakukan dengan mengumpulkan hama tersebut lalu membakarnya. Dan sedangkan secara kimiawi dapat dilakukan dengan menaburkan furadan 3 gatau diazinon 10 G, atau Basudin 10 G di sekitar pohon karet.

Hama Rayap

Adapun rayap yang menjadi hama bagi tanaman karet, teruma spesies jenis Microtermes. I dan Captotermes C. Biasanya rayap ini akan menggerogoti bibit yang baru saja di tanam dilahan. Rayap ini cukup berbahaya karena yang dirusak dari ujung stum hingga akar, maka akibat serangan ini dampak kerusakannya akan sangat parah.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dengan kultur teknis, mekanis da kimiawi. Secara kultur teknis dari ujung stum hingga sedikit diatas mata dibungkus dengan menggunakan plastik hal ini agar rayap tidak memakannya. Dan secara kimiawi dapat dilakukan dengan menyemprotkan larutan insektisida pada batang karet.

Hama Kutu

Untuk jenis kutu ini yang menjadi hama tanaman karet ini ialah Saissetia nigra, Laccifer greeni. Jenis kutu planococcus berwarna cokelat gelap yang badannya tertutup oleh semacam lilin yang halus berwarna mengilap. Kutu tersebut menjadi musuh utama pohon karet karena dengan cara menghisap cairan yang ada pada daun muda dengan cara menusuk ke bagian tertentu.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan insektisida yang sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Karet Anda Terserang Hama !! Inilah Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Karet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.