Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Tebu !!! Ini Dia, Cara Efektif Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Setiap dalam membudidayakan tanaman seperti yang salah satunya pada tanaman tebu ini pastinya memiliki permasalahan dan menyebabkan terjadinya gagal panen, yang menjadi permasalahan pada tanaman tebu ialah hama dan penyakit yang menyerang tanaman ini. Tanaman tebu ini termasuk ke dalam famili atau suku graminae atau poaceae ini tidak luput dari serangan berbagai jenis hama dan penyakit. Lalu jenis hama dan penyakit apa saja yang menyerang tanaman tebu.

hama dan penyakit tanaman tebu

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Tebu !!! Ini Dia, Cara Efektif Pengendaliannya

Nah berikut inilah berbagai jenis hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman tebu beserta dengan bagaimana cara pengendaliannya.

Baca juga :

Hama Tanaman Tebu

Penggerek Pucuk Dan Batang

Jenis hama yang satu ini menyerang tanaman tebu yang sudah mencapai umur 3 hingga 5 bulan.

  • Cara Pengendalian

    Untuk mengendalikan pada hama penggerek pucuk dan batang ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan musuh alami dari hama ini yakni jatiroto dan tricogramma sp.

Tikus

hama ini kerap sekali menyerang pada tanaman tebu.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan predator atau musuh alami dari tikus seperti ular, burung hantu dan kucing.

Uret Tanah

Pada umumnya jenis uret tanah yang sering menyerang tanaman tebu diantaranya Lepidiodata stigma, Psilopholis sp, Pachnessa nicobarica dan Leucopholis rorida. Hama ini memiliki ukuran 3 sampai 4 cm dengan bentuk yang menyerupai huruf C, dengan memiliki warna coklat agak kekuningan atau putih dan beruas-ruas. Ham satu ini biasanya menyerang tanaman tebu yang dibudidayakan ditanah yang kondisi kering dengan tipe tanah ringan berpasir.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian pada jenis hama ini dapat dilakukan dengan 3 cara yakni dengan biologis, kimiawi dan mekanik.

  • Secara biologis yaitu dilakukan dengan cara memanfaatkan musuh alami dari urat tanah yakni serangga parasit seperti Campsomeris sp. Serta berbagai jenis burung.
  • Secara kimiawi yaitu dilakukan dengan cara menggunakan pestisida seperti CR-Chlorpyrifos.
  • Sedangkan dengan secara mekanik yaitu dapat dilakukan dengan mengumpulkan hama uret tanah ini beserta dengan kumbangnya untuk dimusnahkan.

Penyakit Tanaman Tebu

Fusarium Pokkahbung

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Gibbrela moniliformis, jika tanaman tebu ini terinfeksi oleh penyakit fusarium pokkahbung ditandai dengan munculnya pada bagian pelepah daun yang tidak sempurna, daun klorosis pertumbuhannya menjadi terhambat.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendaalian pada penyakit ini dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan Natural Glio.

Dongkelan

Penyakit dongkelan ini disebabkan oleh Marasnius sacchari yang merupakan jamur, secara umum apabila penyakit ini menginfeksi pada tanaman tebu munculnya ditandai dengan tanaman tebu yang sakit secara tiba-tiba, pada daun yang mengering dari bagian luar hingga ke bagian dalam.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara melakukan penjemuran dan mengeringkan lahan, selain itu dapat pula menebarkan Natural Glio pada saat awal penanaman.

Penyakit Blendok

Biasanya penyakit ini menyerang tanaman tebu yang sudah berumur 1.5 sampai 2 bulan setelah ditanam dengan ditandai pada daun klorotis yang mulai mengering dan umumnya pada bagian pucuk daun akan melipat sepanjang garis tersebut. Sedangkan bila tanaman tebu terserang hebat, maka seluruh daun akan berubah bergaris-garis berwarna putih dan hijau. Penyakit ini disebabkan oleh jenis bakteri Xanthomonas albilincans.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara menggunakan Natural Glio sebelum bibit tebu ditanam hal ini bertujuan untuk melokalisir serangan dari bakteri yang menyebabkan penyakit blendok.

Penyakit Nanas

Disebut sebagai penyakit Nanas, apabila pada bagian yang terinfeksi menimbulkan bau seperti nanas, penyakit ini disebabkan oleh jamur Ceratocytis paradoxa dan biasanya menyerang bibit tebu yang sudah dipotong. Bibit tebu yang terinfeksi oleh penyakit ini ditandai dengan potongan pangkas yang terdapat warna merah bercampur warna hitam.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan merendam bibit tebu menggunakan Poc Nasa atau bisa juga dengan cara menggunakan Natural Glio.

Demikianlah Pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Tebu !!! Ini Dia, Cara Efektif Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂