Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Kacang Tanah !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Kacang tanah ialah salah satu tanaman pokok yang ditanam di Indonesia. Olah karena itu untuk permintaan akan kacang tanah ini terbilang meningkat, akan tetapi produksi kacang tanah dalam negeri balum begitu cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia.

Screenshot_5

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Kacang Tanah !! Ini Cara Pengendaliannya

Sehingga agar mencukupi kebutuhan, pemerintah telah melakukan impor kacang tanah. Untuk penyebab rendahnya produktivitas kacang tanah dalam negeri ialah masih terbilang sedikit masyarakat yang dapat menguasai teknologi budidaya kacang tanah ini. Dalam membudidayakan tanaman kacang tanah tidak terlepas dari hama dan penyakit yang menyerangnya.

Baca Juga :

Untuk jenis hama dan penyakit tanaman kacang tanah tersebut bisa dikendalikan berdasarkan dari jenis hama yang menyerangnya. Sebab hama yang menyerang kacang tanah ini tidak hanya satu melainkan ada berbagai jenis hama penyakit yang menyerang tanaman jenis ini.

Nah berikut inilah berbagai jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman kacang tanah serta cara pengendaliannya.

Hama Pada Tanaman Kacang Tanah

Ulat Jengkal

Jenis hama ini dapat memakan bagian daun kacang tanah yang masih terbilang masih muda, sehingga yang tersisa hanya tulang-tulang daunnya saja.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis hama ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan insektisida.

Ulat Penggulung Daun ( Plusia Chalcites )

Ulat penggulung ini merupakan jenis hama yang memakan daun dan membuat daun tanaman kacang tanah menjadi menggulung, akan tetapi urat daun pada tanaman kacang tanah tidak dimakan oleh hama jenis ini. Pada daun yang tergulung tersebut dijadikan tempat untuk ulat hidup dan berkepompong.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara yang alami yaitu dengan cara memanfaatkan belalang sembah yang berperan sebagai musuh alami dari ulat penggulung daun.

Wereng Empoaska

Tanaman kacang bila terkena dengan hama ini, maka pada bagian ujung daun akan berubah menjadi warna kuning, kaku dan menebal. Jenis hama wereng empoaska ini memiliki bentuk yang kecil berwarna hijau dan menyerang dengan cara menghisap cairan yang dihasilkan oleh sel daun tanaman kacang tanah. Jika tanaman kacang tanah ini terkena serangan yang berat maka tanaman akan menjadi kerdil serta pada daun yang masih muda akan mengalami kerontokan.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis hama ini pada tanaman kacang tanah dapat dilakukan dengan cara menggunakan sevin 85 WP.

Penyakit Pada Tanaman Kacang Tanah

Penyakit layu

Disebabkan oleh bakteri, yaitu bakteri Xanthomonas Solanacearum. Tanaman yang terserang oleh bakteri ini seketika akan terkulai dan kemudian mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis penyakit ini pada tanaman kacang tanah dapat dilakukan dengan cara pergiliran tanaman.

Bercak Daun

Disebabkan oleh cendawan Cercospora Personata, tanaman yang terkena penyakit ini maka pada daun bagian atas akan berwarna coklat, sedangkan pada bagian bawah daun berwarna hitam. Selain itu terkadang pada bagian tengahnya daun juga terdapat bintik berwarna hitam, pada tanaman yang berumur 40 sampai 70 hari biasanya terserang oleh cendawan ini.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian yaitu dengan melakukan rotasi tanaman, dengan melakukan serempak dan dapat dengan menggunakan varietas tahan, selain itu bisa juga dengan menggunakan fungisida.

Penyakit Selerotium

Selerotium Rolfsii merupakan penyebab dari penyakit tanaman kacang tanah ini. Kondisi cuaca yang lembab merupakan waktu bagi cendawan ini untuk menyerang tanaman kacang tanah, tanaman kacang tanah yang terserang oleh cendawan ini akan layu dan akhirnya akan mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dengan cara memperbaiki pengairan untuk mengairi lahan kacang tanah, agar air bisa terus mengalir.

Penyakit Karat

Jenis penyakit yang satu ini menyerang tanaman kacang tanah yang masih terbilang muda dan menyebabkan daun menjadi berbintik dengan warna coklat dan daun menjadi kering.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis penyakit ini pada tanaman kacang tanah dapat dilakukan dengan cara menanam varietas tahan.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Kacang Tanah !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂