Cara Pemijahan Lele Sangkuriang Secara Alami

Posted on

TutorialTani.Com – Dalam pemijahan lele secara alamui dilakukan dengan cera melepaskan pada induk lele yang jantan dan betina di kolam. Hal ini tentunya lele yang akan dipijah harus sudah siap atau matang gonad, untuk ciri bahwa induk lele siap pijah ialah pada jantan alat kelamin panjang dan diujung ada titik warna merah dan pada betina perut besar dan alat kelamin bengkak warna merah pucat.

Cara Pemijahan Lele Sangkuriang Secara Intensif/Buatan

Cara Pemijahan Lele Sangkuriang Secara Alami

Di usahakan pilih induk lele yang memiliki bobot seimbang, ini bertujuan supaya induk yang berukuran kecil tidak takut terhadap induk yang berukuran lebih besar.

Tahap Persiapan Sebelum Pemijahan Lele

Ada beberapa tahap persiapan sebelum pemijahan lele yang diantaranya yaitu:

Induk lele

Ciri induk lele yang siap pijah ialah pada jantan alat kelamin panjang dan diujungnya ada titik warna merah dan pada betina perut besar dan alat kelamin bengkak warna merah pucat.

Kolam Pemijahan Lele

Kolam pemijahan lele yaitu dengan siapkan kolam tempat untuk pemijahan lele, yang idealnya memiliki ukuran 3x2x1 “panjang x lebar x tinggi”, kolam bisa terbuat dari terpal, semen, plastik uv atau diberglass supaya mudah dalam pengawasan telur hasil pembuahan. Kolam harus steril supaya besok bibit terhindar dari penyakit. Untuk penyakit yang sering muncul karena kolam tidak steril ialah jamur.

  • Lalu bagaimana cara menyeterilkan kolam
    Untuk menyeterilkan kolam yakni dengan bersihkan kolam dari lumut, cuci bersih, keringkan dan jemur 1 hari. Lalu isi air sedalam 25-40 cm, gunakan air yang berkualitas baik, bersih dan jernih.

Media Untuk Meletakkan Telur Lele

Dengan pasang kakaban dibuat dari ijuk yang dijepit bambu yang berukuran kolam, dapat juha dengan menggunkan jaring hitam yang diletakkan di kolam. Fungsi kakapan ini ialah sebagai media peletakan telur lele dengan menggunakan kakapan ini telur juga dapat mudah dipindahkan. Untuk 1 induk biasa kami bagi menjadi 2 hingga 4 kolam dengan ukuran 2 x 3 sesuai dengan banyak/sedikitnya telur yang keluar.

Apabila kolam sudah siap maka pilih induk lele yang sudah benar-benar matang gonad. Untuk ciri lele yang sudah matang gonad ialah pada jantan alat kelamin sudah memerah meruncing dan betina perut sudah buncit alat kelamin memerah dan sedikit diurut di perut telur akan keluar.

Waktyu Tepat Memasukan Induk Lele Dikolam Pemijahan

Waktu yang tepat untuk memasukkan sepasang induk lele ialah pada saat sore hari. Tutup kolam dengan menggunakan papan, papan ini untuk mencegah agar lele tidak loncat keluar. Lele yang siap kawin akan melakukan pembuahan dengan sendirinya, biasanya pada malam hari dan pagi jam 5 sudah terlihat puluhan ribu telur-telur lele.

Jaring induk lele dan taruh di kolam induk, telur sudah banyak yang menempel di kakapan. Ijuk dapat dipindah ke kolam penetasan, dibagi sesuai dengan jumlah telur keluar banyak apa sedikit. Untuk suhu dipertahankan pada kisaran 28-29 derajat celcius ditambah dengan aerasi lebih bagus.

Untuk ciri telur yang dibuahi dan tidak terletak pada waran telur lele. Telur yang berwarna bening transparan dibuahi dan yang berwarna putih susu tidak dibuahi. Dan dalam kurang dari 24 jam telur lele akan menetas menjadi larva, lalu pisahkan telur yang tidak dibuahi supaya kualitas air tetap baik dan mencegah tumbuhnya jamur. Pada saat umur 3/4 hari berikan pakan cacing sutra apabila tidak ada dapat menggunakan kuning telur yang direbus.

Demikianlah pembahasan mengenai “Tips Jitu” Cara Pemijahan Lele Sangkuriang Secara Alami semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: