Tips Ampuh!! Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele “Menggunakan Bahan Alami”

Posted on

TutorialTani.Com – Untuk penyakit moncong putih ini sudah sangat familiar bagi para pembudidaya lele. Apabila penanganan dilakukan dengan cepat, maka akan dapat menyelamatkan 20% total kematian yang timbul akibat penyakit ini.

Tips Ampuh!! Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele “Menggunakan Bahan Alami”

Untuk dalam pengobatan yang menggunakan bahan obat-obatan kimia untuk ikan sekarang ini di larang oleh KKP Pusat hal ini karena sebagai bentuk pengendalian terhadap sistem mutu dan jaminan keamanan pangan.

Baca Juga:

Untuk salah satu alternatif dalam mengobati lele dari penyakit mocong putih, borok, jamur, parasit, radang, kembung, bercak merah dan bakteri aeromonas ialah dengan menggunakan obat herbal, nah berikut ini beberapa macam obat herbal yang dapat mengatasi penyakit pada lele tersebut.

Macam-Macam Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Lele

Berikut ini beberapa macam obat herbal untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

Obat Herbal (Jantung Pisang)
  • Pada jantung pisang ini memiliki fungsi untuk mengobati penyakit moncong putih yang biasa menyerang bibit lele.
Obat Herbal (Daun Pepaya)
  • Pada daun pepaya memiliki fungsi untuk dapat mencegah atau mengobati serangan bakteri, dan berfungsi juga sebagai penyetabil ph air. Untuk dosis dan cara mengobatinya yakni dengan mencampurkan 60 gram dan cacahan 2 hingga 3 lembar daun pepaya pada 5 liter air, kemudian aduk dan tuangkan ke kolam.
Obat Herbal (Bonggol Pisang)
  • Pada bonggol pisang ini juag memiliki fungsi untuk mengobati serangan seperti jamur pada lele, dan berfungsi juga sebagai penyetabil ph air, jangan sampai menambahkan bonggol pisang terlalu banyak, karena dengan dosis yang berlebihan maka akan dapat berakibat buruk pada ikan lele tersebut.
Obat Herbal (Garam Krosok/Grosok)
  • Pada garam memiliki fungsi untuk mencegah atau mengobati parasit, bakteri dan jamur yang menyerang lele. Untuk dosis dalam penggunaan garam perbanding 1:2 sendok teh garam per 4 liter air atau 1-2 gram per 1 liter air.
Obat Herbal (Buah Mengkudu)
  • Pada buah mengkudu memiliki fungsi untuk mencegah atau mengobati serangan bakteri aeromonas hydrophila, yang memiliki fungsi lainnya ialah dengan mengurangi kanibalisme pada ikan lele tersebut. Untuk dosis dan cara mengobatinya yaitu: 1 hingga 2 buah mengkudu matang tumbuk hingga halus, kemudian rebus 15 daun pahit-pahitan sampai mendidih dan ambil airnya, 1/3 sendok teh antibiotik enroflox acin. Kemudian campurkan ke 3 bahan tersebut ke dalam 3 kg pakan, aduk sampai rata kurang lebih sekitar 5 menit. Obat herbal mengkudu siap digunakan untuk dapat mengatasi penyakit bakteri aeromonas hydrophila.
Obat Herbal (Jahe)
  • Pada Jahe ini memiliki fungsi untuk mencegah bibit lele yang berumur 3 hingga 4 minggu dari penyakit kembung. Untuk dosis dan cara mengobati yaitu dengan parut jahe 10 gram dan campur dengan air. Kemudian tebarkan larutan pada kolam lele seluas 1 hingga 2 meter persegi.
Obat Herbal (Ciplukan “Physalis angulata L”)
  • Pada ciplukan ini memiliki fungsi untuk mengobati lele dari bakteri penyebab radang, kemerahan atau borok dan bengkak. Untuk dosis dan cara mengobatinya yaitu: Daun dan buah ciplukan basah sebanayak 15 hingga 30 gram direbus dalam 100 ml air atau ciplukan kering sebanyak 5 hingga 10 gram dalam 100 ml air, gunakan untuk perendaman.
Obat Herbal ( Kelor “Moring oleifera Lamk”)
  • Pada kelor memiliki fungsi untuk mengobati lele dari bakteri aeromonas hydrophila penyebab penyakit bercak merah dan streptococcus agalactiae penyakit dengan gejala berenang tak beraturan, mata mononjol, badan kehitaman. Untuk dosis dan cara mengobatinya yaitu 5 gram daun dicacah halus kemudian dicampur air 100 ml, hasil saringannya di campur air digunakan untuk perendaman.
Obat Herbal (Jambu Biji “Psidium guajava”)
  • Pada jambu biji memiliki fungsi untuk mengobati lele dari bakteri aeromona shydrophila penyebab penyakit bercak merah. Untuk dosis dan cara mengobatinya yaitu 4 hingga 5 daun dicacah halus dicampur air 1 liter, kemudian campurkan dengan pakan, 1 hingga 2 gram daun di cacah halus di campur air sebanyak 5 liter, ini digunakan untuk perendaman ikan yang sakit selama 48 jam.
Obat Herbal (Meniran “Phyllanthus niruri L, Phyllanthus urinaria Linn”)
  • Pada meniran ini memiliki fungsi untuk mengobati lele dari bakteri aeromonas hydrophila, penyakit bercak merah dan borok, edwarsiella tarda penyakit bisul dan luka pada kulit. Untuk dosis dan cara mengobatinya yaitu 5 gram daun yang sudah dibuat bubuk dicampur air 1 liter untuk perendaman selama 5 jam, jika dicampur pakan dibutuhkan 20 gram daun dicacah halus dan dicampur dalam 1 kg pakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Ampuh!! Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele “Menggunakan Bahan Alami” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak untuk kunjungannya. 🙂 🙂 🙂