Kenali Manfaat Dan Khasiat Omega 3 Bagi Tubuh Dan Kesehatan Lebih Lanjut

Posted on

TutorialTani.Com – Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh. Sayangnya, tubuh tidak daapat dan menghasilkan sendiri jenis lemak ini sehingga kebutuhan jadi lemak jenis ini wajib didapatkan melalui asupan makanan.

Kenali Manfaat Dan Khasiat Omega 3 Bagi Tubuh Dan Kesehatan Lebih Lanjut

Para ahli gizi menyatakan bahwa tubuh membutuhkan sekeliling 300 mg Omega 3 per harinya. Omega 3 sebagian besar dapat didapati pada jenis ikan seperti, ikan Salmon, ikan Tuna, ikan air tawar, Makerel, Hering, ikan Tenggiri, dan ikan sarden (ikan Lemuru).

Kenali Manfaat Dan Khasiat Omega 3 Bagi Tubuh Dan Kesehatan Lebih Lanjut

Memangkas Risiko Penyakit Kardiovaskular

Serangkaian penelitian yang dilakukan The united kingdom Scientific Advisory Committee on Nutrition menemukan bahwa konsumsi ikan, terutama yang berisi minyak ikan tinggi, terkadang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta mengurangi risiko stroke.

Asam lemak omega-3 juga memiliki efek terbatas terhadap tekanan darah. Justru, konsumsi bahan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 secara rutin dapat mendukung mengurangi kadar trigliserida di dalam darah.

Mengurangi Risiko Kanker

Belum ada bukti nyata bahwa omega-3 dapat mengurangi risiko kanker. Malah penelitian lain mendapatkan bahwa konsumsi suplemen omega-3 justru malah meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat mencapai 70 %.

Penelitian tersebut ditemukan pada orang yang darahnya terdapat kandungan omega-3 di kadar tinggi, ternyata berasosiasi dengan peningkatan risiko pertumbuhan kanker prostat hingga 44 %.

Namun, konsumsi suplemen omega-3 dapat bermanfaat teruntuk pengidap kanker stadium lanjut guna meningkatkan nafsu makan dan membantu menaikkan berat badan.

Membantu Mencegah Demensia

Demensia atau gangguan daya ingat, daya berpikir, lalu cara berperilaku diklaim meraih dicegah dengan bantuan konsumsi omega-3.

Namun faktanya penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen omega-3 ternyata tidak mendatangkan manfaat tersebut pada lansia. Penelitian lain juga mendapatkan bahwa omega-3 tidak menyediakan efek signifikan terhadap daya ingat dan daya kognitif pengonsumsinya.

Mencegah Hilangnya Penglihatan

Penelitian pada 2008 mendapatkan bahwa mengonsumsi ikan yang berkadar minyak tinggi sekurang-kurangnya dua kali sepekan meraih mengurangi risiko degenerasi makula (daerah di belakang retina) karena faktor usia. Walaupun demikian, bukti penelitian indonesia masih perlu dikaji jauh lanjut.

Meredakan Peradangan Dalam Artritis Rematoid

The North american College of Rheumatology (ACR) menyatakan terdapat manfaat terbatas pada konsumsi minyak ikan oleh pengidap artritis rematoid dalam mengurangi peradangan. Tetapi hasil ini baru mengenai terasa berbulan-bulan setelah pemakaian.

Mengurangi Risiko Depresi

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat mendukung menangani depresi. Namun, seberapa signifikan efeknya masih wajib diteliti lebih lanjut.

Semua nutrisi dan vitamin itu ada manfaat dan khasiatnya sobat … 😀 jika dalam penggunaannya tidak melebihi batas (Over) 😀 Jadi gunakanlah sesuatu itu sesuai pada porsinya tidak kurang dan tidak lebih makan kebaikan lah yang akan di dapatkan 🙂

Kenali Manfaat Dan Khasiat Omega 3 Bagi Tubuh Dan Kesehatan Lebih Lanjut