Hama Walang Sangit Pada Tanaman Padi, Inilah Cara Ampuh Mengendalikannya

Posted on

TutorialTani.Com – Hama walang sangit meskipun termasuk serangga kecil yang tidak berbahaya, namun apabila sudah berjumlah ribuan dapat merusak tanaman padi, walang sangit menjadi hama tanaman padi yang terbilang sangat meresahkan bagi para petani. Dalam hal ini bagaimana tidak, walang sangit merusak bulir tanaman padi dengan cara menghisap cairan yang ada pada bagian tangaki bunga bulir padi. Hal ini dapat menyebabkan pengisian bulir padi menjadi tidak sempurna dan dapat membuat padi seringkali menjadi kosong atau kempes.

Hama Walang Sangit Pada Tanaman Padi

Hama Walang Sangit Pada Tanaman Padi, Inilah Cara Ampuh Mengendalikannya

Walang sangit bila sudah menjadi hama berpotensi untuk menurunkan kualitas bulir padi alias gabah di masa panen. Untuk itu, ada beberapa cara yang ampuh dan tepat untuk dapat mengendalikan serangan hama walang sangit tersebut pada tanaman padi. Nah berikut inilah cara pengendaliannya, simak uraian dibwah ini.

Cara Ampuh Mengendalikannya Dengan Melalui Pembersihan Gulma

Gulma merupakan sejenis rumputan yang ada di areal perawahan padi hal ini perlu untuk dimusnahkan dan dibersihkan supaya tidak menjadi sarang perkembang-biakan walang sangit. Apabila dibersihkan sejak sebelum masa tanam sampai masa panen, maka walang sangit tidak akan memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

Cara Ampuh Mengendalikan Dengan Melaui Kultur Teknis

Untuk masa tanam padi yang memiliki rentang jarak pendek atau tidak lebih dari 2,5 bula juga terbukti dapat menekan populasi hama walang sangit. Dalam satu hamparan padi yang luas, sebaiknya padi ditanam secara serempak, sehingga perkembangan hama walang sangait tersebut dapat diminimalisir.

Cara Ampuh Mengendalikan Secara Biologis

Dalam hal ini untuk mengendalikan hama walang sangit ialah dengan memakai jamur atau parasitoid. Pada umumnya, jamur yang dimanfaatkan ialah Beauviria bassiana dan Metharizum sp. Bukan tanpa alasan memakai kedua jamur ini, karena jamur Beauviria bassiana dan Metharizum sp dapat melawan serangan walang sangit dengan cara membentuk lapisan jamur di anggota tubuh serangga dan menyebabkan kematian pada walang sangit.

Cara Ampuh Mengendalikan Secara Kimia

Dan untuk langkah yang terakhir yang tidak kalah efektif ialah dengan membasmi memakai cara penyemprotan dengan memanfaatkan insektisida dari bahan kimiawi. Hal ini dapat dilakukan apabila populasi walang sangit sudah tidak terkendali sampai mencapai 6 ekor per meter persegi.

Dalam hal ini sebaiknya untuk penyemprotan dilakukan pada pagi dan sore ketika walang sangait masih aktif. Dan perlu di catat, dalam penyemprotan dapat diambil apabila masa perkembangan padi sudah memasuki masa stadia berbunga dan stadia masak susu. Untuk dipasaran insektisida kimia sangat beragam, diantaranya yakni propoksur, metolkarb, Mipc, fipronil ataupun Bpmc, tidak disarankan memakai insektisida karbofuran, karena dapat berdampak buruk pada kondisi lingkungan.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Walang Sangit Pada Tanaman Padi, Inilah Cara Ampuh Mengendalikannya semoga dengan andanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: