Tanaman Tembakau Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Dalam pengendalian jenis hama dan penyakit tanaman tembakau merupakan salah satu aspek yang sangat terpenting dalam membudidayakan tanaman tembakau, agar hasil yang diperoleh bisa optimal. Bila hal yang demikian dibiarkan makan pengganggu tanaman tersebut akan menurunkan produksi tembakau baik dari kualitas ataupun dari kuantitas.

tanaman tembakau

Tanaman Tembakau Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Nah berikut ini jenis hama dan penyakit dan cara pengendaliannya pada tanaman tembakau.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Tembakau

hama tembakau

Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Hama ini menyerang pada daun dengan memakan daun tersebut hingga habis. Gejala yang terlihat akibat serangan berupa lubang-lubang yang tidak beraturan dan berwarna putih pada luka bekas gigitan ulat tersebut.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan memangkas dan membangkar sarang telur dan ulat atau dapat dengan menyemprotkan Natural Vitura.

Ulat Tanah ( Agrotisypsilon )

Hama ini salah satu yang menyerang tanaman tembakau. Gejala yang terlihat pada bagian daun yang terserang berlubang-lubang terutama daun yang masih muda sehingga ada tangkai daun rebah.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan pangkas daun sarang telur/ulat, dan dengan menyemprot menggunakan Pestona.

Ulat Penggerek Pucuk ( Heliothis sp. )

Hama ini menyerang pada bagian pucuk daun. Gejala yang terlihat akibat serangan berlubang-lubang dan bila dibiarkan maka akan habis.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan mengumpulkan dan memusnahkan telur/ulat, dengan sanitasi kebun dan dengan menyemprotkan menggunakan pestona.

Penyakit Pada Tanaman Tembakau

penyakit tembakau

Nematoda ( Meloydogynesp )

Penyakit ini gejala yang terlihat bagian akar tanaman tampak bisul-bisul bulat, tanaman menjadi kerdil, layu, daun berguguran dan akhirnya akan mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan sanitasi kebun, pemberian Glio diawal tanam dan dengan menyemprotkan Pestona.

Hangus Batang ( Damping off )

Penyakit disebabkan oleh jamur Rhizoctonia solani. Gejala yang terlihat akibat serangan pada batang tanaman yang terinfeksi akan menjadi mengering dan berwarna coklat hingga hitam seperti terbakar.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan menyabut tanaman yang terserang lalu dibakar dan untuk pencegahan awal dengan menggunakan Natural Glio.

Lanas

Penyakit ini disebabkan oleh Phytophora parasitica var. nicotinae. Gejala yang terlihat akibat serangan muncul bercak-bercak pada daun berwarna kelabu yang akan meluas, pada batang yang terserang akan lemas dan menggantung lalu layu dan akhirnya mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan menyabut tanaman yang terserang dan kemudian dibakar atau dengan menyemprotkan Natural Glio.

Patik Daun

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur Cercospora nicotianae. Gejala yang terlihat akibat serangan diatas daun terdapat bercak bulat putih hingga coklat, bagian daun yang terserang menjadi rapuh dan mudah robek.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dengan desinfeksi bibit, penjarangan jarak tanam, olah tanah intensif, gunakan air bersih, bongkar dan bakar tanaman yang terserang dan semprot Natural Glio.

Bercak Coklat

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur Alternaria longipes. Gejala yang terlihat ada bercak-bercak coklat, selain tanaman dewasa penyakit ini juga menyerang tanaman dipersemaian dan perlu anda tahu jamur juga menyerang batang dan biji.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan mencabut dan membakar tanaman yang terserang.

Busuk Daun

Penyakit ini disebabkan oleh Bakteri Sclerotium rolfsii. Gejala yang terlihat akibat serangan mirip seperti lanas namun daun membusuk, akarnya bila diteliti diselubungi oleh massa cendawan.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan mencabut dan membakar tanaman yang terserang dan semprot Natural Glio.

Virus

Penyakit ini disebabkan oleh virus mozaik ( Tobacco virus Mozaic ( TVM ), Kerupuk ( Krul ), Pseudomozaik, Marmer. Mozaik ketimu ( Cucumber Mozaic Virus ). Gejala yang terlihat pertumbuhan tanaman menjadi lambat.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pemyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga sanitasi kebun, tanaman yang terinfeksi di cabut dan dibakar.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Tembakau Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂