Tanaman Sawi Terserang Hama Dan Penyakit ?? Ini Panduan Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Tanaman sawi ialah tanaman yang salah satu jenis termasuk ke dalam sayuran yang sangat banyak diminati dan sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Karena tanaman ini terbilang sangat mudah untuk dibudidayakan dan juga memiliki harga jual yang sangat tinggi. Memang setiap tanaman pastinya memiliki musuh tak terkecuali bagi tanaman sawi ini, kendala yang dihadapi dalam penanaman ini ialah jenis hama dan penyakit.

sawi

Tanaman Sawi Terserang Hama Dan Penyakit ?? Ini Panduan Pengendaliannya

Jenis hama dan penyakit ini merupakan salah satu faktor utama kendala atau hambatan dalam membudidayakannya. Oleh karena itu masyarakat perlu untuk memperhatikan permasalahan dan juga bagaimana untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman tersebut. Bila segera diambil tindakan maka hal ini akan menurunkan produktivitas dan juga akan mengakibatkan tanaman sawi menjadi abnormal atau gagal panen. Nah berikut ini jenis hama dan penyakit tanaman sawi dan cara pengendaliannya, simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Sawi Dan Cara Pengendalian

hama sawi

Ulat Perusak Daun ( Plutella xylostella )

Hama ini bila menyerang tanaman sawi, maka gejala yang terlihat pada permukaan daun, akar menjadi rusak, berlubang dan tidak rata kemudian daun akan menjadi kering.

Cara pengendalian

  • Non Kimiawi
    Dengan mengumpulkan ulat daun, kemudian membakarnya. Lalu dengan sanitasi kebun atau lahan.
  • Kimiawi
    Dengan melakukan penyemprotan insektisida yang berupa March 50 EC, Proclaim 5 SG, Decis dan Buldok 25 EC.

Ulat Tanah ( Agrotis sp. )

Ham ini bila menyerang tanaman sawi, gejala yang terlihat merusak akar tanaman, menjadi layu, tanaman menguning kemudian mati.

Cara Pengendalian

  • Non Kimiawi
    Untuk pengendalian secara non kimiawi dapat dilakukan dengan sanitasi kebun atau lahan sekitar tanaman.
  • Kimiawi
    Untuk pengendalian secara kimiawi dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida yang berbentuk butiran sesuai anjuran.

Ulat Grayak ( Spodoptera litura dan Spodoptera axigua )

Hama ini bila menyerang tanaman sawi, gejala yang terlihat pada bagian daun akan menguning, daun menjadi berlubang dan bagian daun tidak beraturan.

Cara Pengendalian

  • Non Kimiawi
    Untuk pengendalian secara non kimiawi dengan melakukan pengumpulan ulat, lalu membakarnya dan melakukan sanitasi kebun atau lahan.
  • Kimiawi
    Untuk pengendalian secara kimiawi dengan melakukan penyemprotan insektisida yang berupa Matador 25 Ec, Curacron 500 Ec dan Buldok 25 EC.

Leaf miner ( Lirimyza sp )

Hama ini bila menyerang tanaman sawi, gejala yang terlihat pada daun menguning, terdapat bercak kuning hingga kecoklatan dan daun akan layu serta mati.

Cara Pengendalian

  • Non Kimiawi
    Untuk pengendalian secara kimiawi dengan melakukan pemangkasan kecil pada daun terserang dan melakukan sanitasi kebun atau lahan.
  • Kimiawi
    Untuk pengendalian secara kimiawi dengan melakukan penyemprotan insektisida yang berupa Trigard 75 WpP dan Proclaim 5 SG.

Penyakit Pada Tanaman Sawi Dan Cara Pengendalian

penyakit

Penyakit Busuk Daun ( Phytotora sp. )

Penyakit ini bila menyerang pada tanaman sawi maka gejala yang terlihat pada daun akan menguning, terdapat lendiran dan juga daun akan membusuk.

Cara Pengendalian

  • Non Kimiawi
    Untuk pengendalian secara non kimiawi dengan melakukan sanitasi atau lahan dan penjarangan tanaman sebelum ditanam.
  • Kimiawi
    Untuk pengendalian secara kimiawi dengan melakukan penyemprotan fungisida yang berupa Bion M 1/48 Wp, Topsin M 70 WB dan Kocide 60 WDG.

Penyakit Akar Gada ( Plasmodiophora brassicae )

Penyakit ini bila menyerang tanaman sawi maka gejala yang terlihat pada akar membusuk, kering dan tanaman pun layu serta mati tiba-tiba.

Cara Pengendalian

  • Non Kimiawi
    Untuk pengendalian secara non kimiawi dengan melakukan sanitasi kebun atau lahan.
  • Kimiawi
    Untuk pengendalian secara kimiawi untuk saat ini belum ada yang menemukan untuk obatnya.

Bercak Daun

Penyakit ini bila menyerang tanaman sawi maka gejala yang terlihat pada daun akan terdapat bercak berwarna kuning hingga kecoklatan bahkan kehitaman serta daun akan layu dan mati.

Cara Pengendalian

  • Non Kimiawi
    Untuk pengendalian secara non kimiawi dengan melakukan sanitasi kebun atau lahan.
  • Kimiawi
    Untuk pengendalian secara kimiawi dengan melakukan penyemprotan fungisida berbahan aktif berupa Bion M 1/48 WP.

Busuk Alternaria

Penyakit ini bila menyerang tanaman sawi, gejala yang terlihat pada akar tanaman kering, membusuk dan juga kematian tanaman sawi tiba-tiba.

Cara Pengendalian

  • Non Kimiawi
    Untuk pengendalian secara non kimiawi dengan melakukan sanitasi kebun atau lahan dan penjarangan sebelum tanam.
  • Kimiawi
    Untuk pengendalian secara kimiawi dengan melakukan penyemprotan fungisida berupa Dithane sesuai anjuran.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Sawi Terserang Hama Dan Penyakit ?? Ini Panduan Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂