Tanaman Sagu Terserang Hama Dan Penyakit ?? Ini Teknik Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Bagi kebanyakan orang pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman sagu ini karena sagu ini merupakan salah satu tanaman yang mengandung sumber karbohidrat. Tanaman satu ini yang banyak dibudidayakan di daerah papua dan maluku, tanaman ini termasuk kedalam genus Metroxylon Rottb dan Famili atau suku Arcaceae. Pada tanaman sagu ini dimanfaatkan menjadi berbagai bahan makanan, selain juga sebagai sumber pangan, tanaman sagu juga bisa diolah menjadi bioetanol.

hama dan penyakit sagu

Tanaman Sagu Terserang Hama Dan Penyakit ?? Ini Teknik Pengendaliannya

Dengan demikian membudidayakan tanaman sagu di Indonesia memiliki potensi yang terbilang cukup besar untuk ketahanan pangan dan energi nasional di masa yang akan datang. Hama dan penyakit pada tanaman sagu ini merupakan masalah yang sering dihadapi oleh petani yang membudidayakan tanaman sagu dan membuat tanaman sagu yang dibudidayakan mengalami penurunan hasil panen.

Baca Juga :

Berikut ini jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman sagu disertai dengan cara pengendaliannya.

Hama Pada Tanaman Sagu

Jenis hewan yang dianggap mengganggu tanaman dan dapat menimbulkan kerugian disebut sebagai hama dan harus atasi, berikut ini berbagai jenis hama yang biasa sering menyerang tanaman sagu yaitu :

Kumbang

Jenis hama ini yang memiliki nama ilmiah Oryctes rhinoceros sp. Menyerang tanaman sagu. Tanaman sagu yang diserang oleh jenis hama ini ditandai dengan munculnya lubang pada pucuk daun sagu yang merupakan gerakan dari kumbang, setelah berkembang terlihat terpotong seperti digunting dengan bentuk segitiga.

Cara Pengendalian

Untuk mengendalikan jenis hama yang satu ini dapat dilakukan dengan cara biologis dan cara mekanis.

  • Pengendalian secara biologis ialah dengan cara memanfaatkan musuh alami dari kumbang tersebut.
  • Sedangkan pengendalian secara mekanis ialah dilakukan dengan menebang dan membakar pohon sagu yang diserang oleh hama jenis ini.

Kumbang Sagu

Kumbang sagu ( Rhynochophorus sp ) hama ini juga dapat menyerang tanaman sagu. Hama ini menyerang tanaman sagu melalui serangan sekunder, bila hama ini menyerang pada titik tumbuh tanaman sagu bisa membuat pohon sagu menjadi mati.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian pada hama ini yakni dengan dikendalikan cara biologis dan cara mekanis.

  • Pengendalian secara biologis ialah dengan cara memanfaatkan musuh alami dari kumbang tersebut.
  • Sedangkan pengendalian secara mekanis ialah dilakukan dengan menebang dan membakar pohon sagu yang diserang oleh hama jenis ini.

Ulat Daun Artona

Jenis hama ini dapat merusak tanaman sagu pada bagian daunnya, akan tetapi selain menyerang daun tanaman sagu, hama ulat daun artona juga menyerang daging buah tanaman sagu, jenis hama ini menyerang jaringan bagian dalam daun dari tanaman sagu.

Cara Pengendalian

Dapat dikendalikan pada jenis hama ini dengan cara biologis dan juga dengan cara mekanis.

Penyakit Pada Tanaman Sagu

Untuk jenis penyakit yang umumnya menyerang dan menginfeksi pada tanaman sagu yakni pemnyakit bercak kuning, penyakit ini disebabkan oleh jenis cendawan Cercospora. Penyakit ini menyerang tanaman sagu dengan ditandainya bercak berwarna coklat pada bagian daunnya.

Cara Pengendalian

Dapat dilakukan dengan cara menggunakan fungisida serta dengan sanitasi lingkungan.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Sagu Terserang Hama Dan Penyakit ?? Ini Teknik Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂