Tanaman Kelengkeng Anda Diserang Oleh Hama Dan Penyakit !! Ini Dia Cara Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Tanaman Kelengkeng ialah tanaman yang berbentuk perdu dengan memiliki penampilan yang indah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di halaman rumah anda. Dengan syarat tumbuh sangat bagus didataran rendah antara 200-600 m dpl yang bertipe iklim basah dengan musim kering tidak lebih dari empat bulan. Air tanah antara 50-200 cm, dengan curah hujan 1500-3000 m pertahun dengan 9-12 bulan basah dan 2-4 bulan kering. Pada umumnya tanaman kelengkeng ini sangat memiliki ketahanan terhadap serangan berebagai jenis hama dan penyakit. Namun ada juga jenis hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman kelengkeng. Nah berikut ini jenis hama dan penyakit dan cara pengendaliannya simak ulasannya dibawah ini.

buah kelengkeng

Tanaman Kelengkeng Anda Diserang Oleh Hama Dan Penyakit !! Ini Dia Cara Pengendaliannya

Hama Pada Tanaman Kelengkeng

Trusuk

Hama ini menyerang pada bagian batangnya, terutama batang pokoknya yakni dengan cara membuat lubang dan masuk kedalamnya. Bila jumlahnya sangat banyak, pohon lengkeng yang diserang tentu terdapat lubang yang sangat banyak pula sehingga menunjukkan perubahan pada warna daunnya yakni menjadi kuning dan akhirnya rontok, cabang-cabang menjadi kering dan mengakibatkan kematian.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan pestisida organic nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3 ) tutup / tangki semprot, untuk melakukannya diwaktu sore hari.

Penggerek Batang

Hama ini menyerang tanaman kelengkeng maka akibat serangan oleh ham ini menimbulkan gejala kerontokan pada daun, tanaman pun menjadi kering dan akhirnya menjadi mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan memaki produk nasa yang berupa Natural Glio yang sudah difermentasikan dengan pupuk kandang selama 2 minggu. Dan dengan penyemprotan dengan menggunakan pestisida organic nasa yang berupa pestona + aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3 ) tutp/tangki semprot, lakukan pada sore hari.

Baca Juga :

Penghisap Buah

Hama ini bila menyerang terdapat tanda tusukan yang berwarna hitam pada buah kelengkeng. Buah tampak keriput karena cairan buah dihisap oleh hama ini.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida organik nasa dan dengan menggunakan produk nasa yaitu metilat.

Kalelawar

Hama ini satu termasuk yang sangat merugikan petani, sebab disamping memakan buah kelengkeng yang sudah masak juga dapat merontokkan buah yang masih muda.

Penyakit Pada Tanaman Kelengkeng

Bercak Gloesporium

Penyakit ini disebabkan oleh jamur dari Gloesporium sp. Gejala yang terlihat pada ujung daun yang muda mula-mula terdapat bercak berwarna cokelat, kemudian bercak tersebut meluas ke seluruh tulang daun. Pada daun dewasa bercak tersebut dikelilingi warna kuning. Akibatnya daun akan terbelah menjadi dua dengan belahan disepanjang tulang daun.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukam dengan memangkas bagian tanaman yang terkena bercak.

Bercak Dan Pestalotia

Penyakit ini disebabkan oleh jamur pestalotia sp. Gejala yang terlihat pada daun yang terinfeksi timbul bercak-bercak cokelat kelabu. Dipusat bercak tersebut terdapat bintik-bintik halus berwarna hitam.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan oleh tanah yang bagus dengan memakai pupuk organic nasa yang berupa super nasa di campurkan dengan pupuk kimia dasar yang biasa dipakai. Pupuk kimia dasar bisa dikurangi 30%-50% dari anjuran dinas pertanian setempat dan dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida organic nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis yang telah dianjurkan, untuk melakukan disore hari.

Bercak Daun Fusarium

Penyakit ini disebabkan oleh jamur fusanium sp. Gejala serangan jamur fusarium dengan ditandai dengan adanya bercak-bercak yang tidak teratur pada daun. Seperti halnya penyakit bercak daun pestalotia.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dapat dilakukan dengan memangkas bagian daun atau ranting yang terinfeksi.

Akar Putih

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan atau jamur Rigidoporus lignosus ( Klotzch ) Imazeki. Penyakit menyerang tanaman kelengkeng yang masih muda. Gejala serangan penyakit ini tampak ialah daun menjadi menguning dan layu, kemudian gugur dan kemudian mati. Pada akar tanaman yang terinfeksi menjadi busuk dan kering. Apabila tanam dibongkar maka permukaan akar terdapat benang-benang berwarna putih yang tumbuh seperti jala.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dengan olah tanah dengan memakai pupuk organik nasa yang berupa super nasa di ccampurkan dengan pupuk kimia dasar yang biasa dipakai. Dan dengan penyemprotan dengan menggunakan pestisida organik nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3 ) tutup/tangki semprot, lakukan penyemprotan di sore hari.

Akar Hitam

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Rosellinia bunodes. Gejala yang terlihat terdapat miselium tipis yang berwarna hitam dipermukaan akar. Infeksi akan menjalar ke bagian tanaman yang lain. Infeksi pada bagian kayu akar menyebabkan timbulnya garis-garis hitam yang teratur seperti jari-jari.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan pemakaian produk nasa yang berupa natural glio yang sudah difermentasikan dengan pupuk kandang selama 2 minggu. Dan dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida organik nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3 ) tutup / tangki semprot, lakukan penyemprotan pada sore hari.

Busuk Akar

Penyakit ini disebabkan oleh jenis jamur Botryodiploida sp.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan pestisida organik nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3 ) tutup / tangki semprot, lakukan penyemprotan disore hari.

Kanker Batang Dan Akar

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Clyindrocarpon sp.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menyemprotkan pestisida organic nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3 ) tutup / tangki semprot, lakukan penyemprotan di sore hari.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Kelengkeng Anda Diserang Oleh Hama Dan Penyakit !! Ini Dia Cara Pengendaliannya semoga dengana adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂