Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Duku !! Inilah Cara Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Tanaman ini duku memang tergolong ke dalam kategori tanaman liar sehingga perawatan yang diberikan tidak terlalu membantu. Pada umumnya, dari kebanyakan tanaman liar memiliki ketahanan-ketahanan hidup yang tinggi, begitu pula dengan tumbuhan duku ini, tapi hal ini tidak serta merta membuat duku terbebas dari segala jenis hama dan penyakit yang menyerang.

Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Duku !! Inilah Cara Pengendaliannya

Ada begitu banyak jenis hama maupun juga jenis penyakit yang dapat menyerang tanaman duku ini, baik yang bersifat ringan maupun hingga yang berat ( mematikan ). Dalam hal merupakan menjadi suatu keharusan untuk mengetahui jenis hama maupun penyakit yang menyerang, dengan begitu akan mempermudah kita untuk mencegahnya.

Baca Juga :

Hama Tanaman Duku Dan Cara Pengendalian

Keteria dari tanaman duku yang menggerombol merupakan tempat yang sangat cocok sekali bagi hama tersebut untuk berkembang biak. Nah berikut ini jenis hama dan bagaimana cara pengendaliannya pada hama tanaman duku ini.

Kelelawar

Jenis hewan ini biasanya menjadikan tanaman duku ini sebagai tempat perlindungan dan tempat makan. Kelelawar ini biasanya menyerang pada bagian buah yang sedang masak dan juga merusak buah yang masih terbilang kecil-kecil dengan cara dirontokkan. Gejala yang timbulkan pada jenis hewan ini ialah buah rontok.

  • Cara Pengendalian

    Hama kelelawar pada tanaman duku ialah dengan cara membungkus buah duku dari mulai keluar bunga hingga masa panen, bahan untuk pembungkunya dapat dengan apa saja misalnya dengan kain, plastik, daun dan lain-lain.

Kutu Perisai

Jenis kutu ini menyerang pada bagian dedaunan tanaman duku dengan cara mengerumuninya. Gejala yang ditimbulkan oleh kutu ini ialah pada daun yang mengering dan secara perlahan akan kering dan jatuh.

  • Cara Pengendalian

    Dengan cara melakukan perawatan sebaik mungkin terhadap duku, jika perwatan ini belum juga berhadil dapat menggunakan insektisida berjenis imidakloprit.

Kutu Putih

Jenis hama ini biasanya menyerang daun muda pada tanaman duku, serangan ini biasanya berada dipangkal daun muda. Gejala yang ditimbulkan ialah muncul warna putih pada area sekitar pangkal daun dan membuat daun menjadi layu.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dengan cara menyemprotkan insektisida yang berbahan imidakloprit.

Kumbang Penggerek Buah

Jenis hama ini menyerang pada buah duku, gejala yang timbul dari serangan hama ini ialah pada bagian buah yang berlubang dan kemudian membusuk.

  • Cara Pengendalian

    Dengan cara memetik pada buah telah berlubang, jika cara tersebut belum juga berhasil maka dapat dengan menggunakan insektisida.

Ulat

Jenis hama ini menyerang pada bagian dau tanaman duku ini, gejala yang ditimbulkan ialah pada bagian daun berlubang pada tanaman duku.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis hama ini pada tanaman duku yakni dengan cara menyemprotkan klorpenapir.

Penyakit Tanaman Duku Dan Cara Pengendalian

Penyakit yang menyerang tanaman duku ini bisa saja datang dengan berbagai bentuk, beberapa penyakit yang menyerang tanaman duku diantara lain seperti.

Antraksona

Penyakit ini menyerang buah duku, gejala yang ditimbulkan ialah bintik-bintik hitam yang terdapat pada buah duku. Penyakit ini bisa menyebabkan pada buah duku jatuh dan gugur hingga dapat menyebabkab gagal panen.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis penyakit pada tanaman duku yaitu dengan cara memberikan semprotan fungisida.

Mati Pucuk

Jenis peenyakit ini biasanya menyerang pada bagian sekitar pucuk tanaman duku, gejala yang ditimbulkan dari serangan ialah pada daun yang menguning, pertumbuhan daun yang tidak simetris dan cabang yang berubah warna kehitaman.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini pada tanaman duku ialah dengan cara memberikan semprotan fungisida seperti fermate, zerlate dan lainnya.

Busuk Akar

Jenis penyakit ini menyerang pada bagian akar tanaman duku, gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini ialah buah rontok dan tanaman menjadi layu.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis penyakit ini pada tanaman duku ialah dengan cara memberikan semprotan bakterisida, atau bisa juga dengan cara menyiram.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Duku !! Inilah Cara Pengendaliannya ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂