Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Bengkoang Anda !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Tanaman bengkuang merupakan tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Tanaman bengkuang banyak dimanfaatkan untuk kecantikan yang utamanya dipakai masker kegunaannya untuk menjaga kulit agar senantiasa halus, lembut. Pada tanaman bengkuang ini dalam segi penanaman yang terbilang sangat mudah, karena selain tidak perlu terlalu banyak air, tanaman bengkuang tidak membutuhkan yakni pupuk utamanya pupuk yang mempunyai kandungan Nitrogen seperti Urea. Sebab pada tanaman bengkuang ini memiliki kemampuan melakukan simbiose dengan bakteri untuk menambat Nitrogen bebas yang ada di udara.

Hama Dan Penyakit Tanaman Bengkuang

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Bengkoang Anda !! Ini Cara Pengendaliannya

Namun apabila penanaman yang dilakukan bertujuan komersial atau diperdagangkan sehingga dibutuhkan umbi bengkuang yang besar dan memiliki kualitas, maka dalam pemupukan tetap diperlukan, untamanya pupuk yang memiliki kandungan pospor dan kalium, guna untuk merangsang perkembangan umbi serta meningkatkan kadar gula sehingga umbi bengkuang akan terasa lebih manis.

Baca Juga :

Meskipun dalam membudidayakan pada tanaman bengkuang ini sangat mudah, namun ada permasalahan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman bengkuang tersebut dan ujungnya merugikan bagi para petani yakni serangan berbagai jenis hama dan penyakit yang selalu menghantui. Serangan jenis hama dan penyakit tersebut tentunya tidak boleh dibiarkan saja hal ini dapat gagal panen, untuk itulah penangan perlu dilakukan dengan cepat, tepat dan efektik. Nah berikut inilah beberapa jenis hama dan penyakit yang biasanya mengancam pada tanaman bengkuang berikut juga cara pengendaliannya.

Hama Tikus

Hewan tikus ini sebenarnya dapat membantu menggemburkan tanah sehingga pertumbuhan tanaman dapat lebih subur. Namun begitu jumlahnya yang terlalu banyak, hal ini dapat mengganggu pertumbuhan pada tanaman bengkuang.

  • Cara Pengendalianya

    Untuk mengatasi permasalahan pada hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan racun tikus atau dengan melakukan perburuan pada saat musim kawin tikus tersebut, dengan cara melakukan pengasapan. Selain itu, pangkaslah pada daun tanaman yang terlalu rimbun hal ini supaya tidak dimanfaatkan oleh tikus sebagai sarang persembunyiannya.

Hama Uret

Jenis hama yang biasanya menyerang tanaman bengkuang ini yakni hama uret yang pada umumnya menyerang bagian akar atau umbi bengkuang. Apabila uret tidak segera ditangani, tanaman akan mengalami kerusakan yang parah, bahkan dapat membuat gagal panen. Karena jenis hama uret ini sangat suka sekali tinggal di tanah yang mengandung bahan organic sangat banyak.

  • Cara Pengendaliannya

    Untuk mengatasi atau mengantisipasi pada hama ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pengolahan tanah dengan secara sempurna.

Hama Lalat Putih

Jenis hama lalat ini mempunyai ukuran yang terbilang sangat kecil dengan tubuh sangat lunak dan sayap berwarna putih. Untuk serangan hama ini dengan menghisap cairan yang terdapat didalam sel daun. Apabila lalat putih dibiarkan dan cairan di dalam sel daun terus dihisap maka lama-kelamaan pada daun akan keriting, kering dan layu sebelum akhirnya mati.

  • Cara pengendaliannya

    Untuk menanggulangi atau mengatasi pada jenis hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan cairan isektisida, baik racun lambung maupun rancun kontak.

Penyakit Bercak Daun

Penyakit yang biasan menyerang tanaman bengkoang yaitu bercak daun. Bercak ini muncul pada bagian daun dan penyakit bercak daun ini tidak boleh disepelehkan. Karena apabila tidak segera di tanggulangi maka hasil panen akan mengalami penurunan.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi serangan penyakit bercak daun ini ialah :

  • Dengan melakukan pengolahan tanah secara benar.
  • Seperti memilih pupuk yang sesuai.
  • Dan memberikan dosis pupuk yang pas serta yang lainnya.

Yang perlu diperhatikan tanaman bengkoang tidak boleh ditanam terus menerus pada lahan yang sama, karena hal ini juga dapat menjadi penyebab dari serangan penyakit bercak daun. Untuk itu perlu dengan melakukan rotasi tanaman, dengan menanam tanaman jenis yang lain setelah tanaman bengkuang.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Bengkoang Anda !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂