Cara Mudah Ternak Pleci “Agar Sukses”

Posted on

TutorialTani.Com – Bicara mengenai ternak pleci, ternyata untuk burung ini juga memiliki tingkat kesulitan dalam tahap penangkaran. Dari kebanyakan gagalnya peternak pemula saat menangkar ialah ketika menghadapi karakter pleci yang buruj seperti mengacak-acak sangkar, sulit berjodoh antara si jantan dengan betinanya, lalu salah satu masalah lainnya yakni pada burung pleci renran mati.

cara ternak pleci yang mudah

Cara Mudah Ternak Pleci “Agar Sukses”

Kebiasan yang mengacak-acak sangkar kemungkinan dilakukan pleci saat mereka merasa telah terganggu seperti pada saat mencoba mengintip keberadaan mereka di sarang, akan tetapi hal tersebut biasanya dilakukan pasangan pleci karena belum terbiasa dengan kehadiran manusia dan mereka dapat merubah kebiasaan itu ketika mereka manusia bukan pengganggu.

Baca Juga:

Dalam membudidayakan atau berternak pleci sebenarnya itu cukup mudah, Nah berikut ini beberapa langkah-langkah dalam berterna pleci, simak uraian dibawah ini.

Persiapan Kandang Pleci

Dalam hal ini untuk kandang yang akan digunakan tidaklah berukuran besar. Apalagi bagi anda yang berniat atau ingin berternak beberapa pasang pleci saja. Untuk kandang anda dapat menggunakan jenis kandang yang bertipe aviary.

Untuk keuntungan dengan menggunakan kandang itu sendiri, terbilang lebih hemat dan perawatannya pun terbulang cukup mudah. Selain itu juga tidak membutuhkan banyak biaya yang dikeluarkan. Namun, apabila anda memiliki cukup uang, anda dapat menggunakan kandang yang bertipe soliter, untuk kandang tipe ini dapat digunakan untuk menampung banyak burung dengan konsep yang lebih alami. Namun, dalam hal ini untuk tipe kandang soliter tidaklah terlalu cocok untuk digunakan sebagai kandang ternak, hal ini karena jenis kandang ini hanya cocok untuk penangkaran burung saja.

Dalam perawatannya jangan lupa untuk mempersiapkan tempat makan dan tempat minum. Selain itu siapkan pula sarang yang digunakan sebagai tempat untuk reproduksi pleci. Untuk sarangnya sendiri dapat membuat sendiri atau dapat juga dengan membeli sarang di toko burung. Sebaiknya untuk ukuran sarang tidak terlalu besar supaya tidak tersisa ruang yang cukup besar bagi pleci.

Untuk penempatannya itu sendiri dapat dengan menggantung atau dapat juga ditempatkan di pojok bagian belakang kandang, hal ini tujuannya supaya pleci tidak terganggu saat pergantian makan, minum pembersihan kandang dan lain sebagainya.

Proses Persiapan Induk Pleci

Untuk langlah berikutnya ialah dengan melakukan induk pleci, dalam hal ini pemilihan ini tentunya kita pilih induk pleci yang berkualitas. Yang harapannya supaya anak/keturunannya juga akan memiliki kualitas yang bagus seperti induknya, sehaingga nantinya dapat dijadikan sebagai burung pleci kicau jagoan dalam perlombaan.

Ada beberapa hal yang wajib diketahui dalam memilih induk pleci yang berkualitas:

  • Untuk induk jantan dan betina direkomendasikan supaya berasal dari spesies yang sama, yang sehingga agar dapat memudahkan dalam proses perjodohannya.
  • Dipastikan dalam memilih indukan jantan dan betina yang kondisinya tidak cacat, baik dari bulu-bulunya ataupun cacat secara fisik.
  • Untuk induk jantan pilihlah yang sudah berbunyi dan alangkah baiknya jika sudah membuka paruh.
  • Induk burung jantan setidaknya berusia 1 tahun dan betina berusia 1,5 tahun (minimal).
  • Apabila anda memilih induk betina, usahakan burung tersebut tidak liar dan dalam kondisi yang sehat atau tidak stress.

Tahap Penjodohan

Setelah dalam pemilihan kandang beserta indukan, langkah berikutnya ialah dengan melakukan penjodohan antara induk jantan dan betina. Untuk proses penjodohan pleci itu sendiri dengan dimasukan ke kandang soliter yakni pleci jantan dan betina, dan dipastikan juga untuk mengetahui jenis kelamin pleci?? dengan lihat disini Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Burung Pleci, kemudian dipastikan juga dengan umur sang betina berumuran 1 tahun atau lebih dan jantan berumur 2 tahun.

Begitu kita telah mengetahui jenis kelamin pleci baru lah kita masuk ke fase penjodohan, ada dua cara dalam menjodohkan pleci yakni dengan cara menempelkan sangkar pleci jantan dan betina dengan jarak dekat dan yang kedua dengan memasukan beberapa pelci jantan dan betina di satu kandang koloni.

Dalam metode menempelkan kandang pleci jantan dan betina secara berdempetan umumnya dilakukan selama 1 minggu dengan cara memantau mereka siang dan malam, dongkrak birahi mereka dengan jangkrik hal ini akan semakin terlihat apakah pleci tersebut jodoh atau tidak. Untuk beberapa faktor penjodohan yang dapat diperhatikan ialah jika jantan merayu betina dengan gaya kicauanya kemudian sang betina terlihat mengibas-ngibas sayap mereka ini membuktikan bahwa mereka siap untuk kawin, tapi tunggu dulu dipastikan juga saat malam mereka tidur berdekatan dengan kandang terpisah setelah itu anda dapat memasukan mereka berdua jantan dan betian di kandang soliter.

Tahap Persiapan Pakan

Untuk jenis pakan yang harus diperhatikan selama proses penjodohan, karena makanan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kualitas keturunan dari burung pleci, ada beberapa makanan yang direkomendasikan antara lain: Jangkrik, Ulat hongkong, voer dengan kualitas terbaik, Kroto, dan Cacing tanah.

Jangan lupa pula dalam memberi makanan tamabhan seperti buah-buahan sebagai sumber vitamin, misalnya seperti buah peer, pisang, pepaya dapat juga buah apel. Untuk pemberian menu buah-buahan ini dapat kita lakukan 2 kali dalam seminggu.

Tahap Perawatan Pleci

Ada beberapa tahap dalam perawatan burung pleci, untuk perlu dilakukan diantaranya:

  • Perawatan Setelah Burung Bertelur
    Burung pleci betina akan bertelur setelah kurang lebih selang 2 minggu setelah perkawinan. Tugas anda ialah dengan memastikan apakah induk burung mengerami telur atau tidak. Di perhatikan sifat burung dan jangan mengganggu agar burung pleci mau mengerami telurnya. Seandainya induk pleci tidak mau mengerami telurnya, hal ini merupakan permasalahan yang serius, maka alternatif lain ialah dengan menggunakan metode inkubator dalam proses pengeraman.
  • Perawatan Anak Burung
    Dalam hal ini sebenarnya dalam perawatan anak burung setelah menetas dapat dilakukan langsung oleh indukan. Setelah kurang lebih 10 hari kita dapat memanennya. Lalu bagaimana kita memberikan makan anakan burung pleci?? Kita dapat menggunakan voer yang telah dicampur dengan air hangat sehingga lebih lembut dan mudah untuk dicerna. Dan untuk menu lainnya kita bisa beri jangkrik cincang sebagai makanan anak burung pleci. Untuk perlu diketahui bahwa meloloh anak pleci dengan serangga yang dicincang halus akan lebih mudah dan tentunya lebih aman karena kondisi pleci anakan akan lebih bersih/tidak blepotan. Hal ini akan menghindarkan anakan pleci dari berbagai jenis janur dan juga bakteri.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Ternak Pleci “Agar Sukses” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂