Tanaman Alpukat Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Paling Efektif Pengendaliannya

Posted on

TutorialTani.Com – Apokat ( alpukat ) atau Persea american ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama, tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini sudah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan didaerah-daerah tropika lainnya didunia. Pohon dengan memiliki batang hingga mencapai tinggi 20 m, dengan daun sepanjangn 12 sampai 25 cm.

Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 sampai 10 milimeter, ukurannya bervariasi dari 7 sampai 20 sentimeter dengan massa 100 hingga 1000 gram, biji yang besar 5 sampai 6,4 sentimeter. Buahnya inibertipe buni, yang memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan tergantung pada varietasnya, daging buah alpokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji dengan tekstur lembut.

alpukat

Tanaman Alpukat Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Paling Efektif Pengendaliannya

Hama dan penyakit menjadi musuh paling terbesar bagi semua jenis tumbuhan tak terkecuali bagi tanaman alpukat. Serangan hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman ini bisa menyebabkan terjadinya kematian pada tanaman alpukat tersebut. Untuk menghindari hal tersebut maka perlu untuk diketahui beberapa jenis hama dan penyakit apa saja yang dapat menyerang pada tanaman alpukat serta bagaimana cara pengendaliannya.

Baca Juga :

Nah berikut ini beberapa jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman alpukat beserata cara pengendaliannya.

Hama Tanaman Alpukat

Ulat Kipat

Ulat kipat ( Cricula trisfenestrata Helf ) ini mempunyai tubuh berwarna hitam dengan bercak-bercak putih, kepala dan ekornya berwarna merah dan seluruh tubuh hama ini dipenuhi dengan rambur putih. Gejala yang muncul dari serangan ulat ini ialah pada bagian daun alpukat terlihat utuh dan terdapat bekas gigitan.

  • Cara Pengendalian

    Pada umumnya masyarakat tidak berusaha untuk membinasakan hama ini dikarenakan sesudah megalami serangan tanaman alpukat akan berbunga dan berbuah lembat kembali.

Kumbang Bubuk Cabang

Hama ini memiliki tubuh dengan warna coklat tua dan berukuran 1,5 mm, gejala serangan hama ini yakniadanya lubang pada cabang atau ranting tanaman.

  • Cara Pengendalian

    Pada bagian cabang yang terserang dipangkas dan dibakar, atau bisa juga disemprot dengan insektisida berbahan aktif asetat atau diazinon yang terkandung dalam ortheme 75 sp.

Tungau Bercak Dua

Tungau yang betina maupun tungau jantan memiliki warna dasar tubuh hijau kekuningan, gejala serangannya bisa terlihat pada permukaan daun yakni adanya bintik-bintik kuning yang kemudian akan mengalami perubahan menjadi merah tua seperti karat.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan disemprot dengan akarisida yang berbahan aktif dikofol, binapakril dan tetradifon.

Penyakit Tanaman Alpukat

Bercak Daun / Bercak Coklat

Penyakit ini disebabkan oleh adanya jamur Cercospora purpurea, gejalanya yang muncul ialah adanya bercak coklat muda dengan bagian tepi berwarna coklat tua dipermukaan. Bercak ini berukuran 1 mm, bersudut-sudut dan bila bersatu diameternya dapat mencapai hingga 1,5 cm.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan fungisida masalgin 50 WP yang mengandung benomyl.

Busuk Buah

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Botryodiplodia theobromae pat, menyerang bila ada luka pada permukaan buah. Gejala dapat terlihat pada bagian yang pertama kali diserang yakni adanya bercak coklat yang tidak teratur.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara mengoleskan bubur bordeaux atau dengan menyemprotkan fungisida volimex 80 wp yang berbahan aktif zineb.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Alpukat Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Paling Efektif Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂