Cara Mudah Membuat Pakan Yang Ekonomis Untuk Lele

Posted on

TutorialTani.Com – Budidaya ikan merupakan salah satu bentuk dalam budidaya perairan yang khusus, membudidayakan ikan di tangki atau ruang tertutup, biasanya untuk menghasilkan bahan pangan, ikan hiasa dan rekreasi (pemancingan). Untuk ikan yang paling banya dibudidayakan ialah ikan mas, lele dan sejenis nila.

Cara Mudah Membuat Pakan Yang Ekonomis Untuk Lele

Untuk permitaan pasar yang semakin tahun semakin meningkat ialah salah satu bisnis yang berpeluang besar untuk membudidayakan lele. Dengan modal yang tidak terlalu besar anda sudah dapat memulai budidaya lele, dengan menggunakan terpal dan bambu anda sudah bisa membuat sebuah kolam uji coba.

Yang salah satu supaya pertumbuhan pada ikan lele cepat besar ialah dengan pemberian pakan yang berbahan dasar daging (protein hewani). Untuk pakan yang bagus agar dapat mendorong pertumbuhan lele dengan cepat ialah dengan keong mas, bekicot dan manggot. Apabila menggunakan pakan pabrikan “pelet” berikan yang berprotein tinggi, aroma pelet berprotein tinggi lebih kuat dibanding dengan protein yang rendah.

Untuk pola pemberian pakan/pelet pembesaran sama dengan pemberian pakan pembenihan tapi jenis pakan dan porsinya berubah dengan menyesuaikan dengan tingkat pertumbuhan pada lele tersebut. Semakin besar untuk ukuran lele maka semakin banyak pula pakan yang akan dibutuhkan. Untuk mengirit pada pakan salah satu caranya ialah dengan membuat pakan tambahan yang dapat di selang seling dengan pakan yang pokoknya “pelet”.

Cara Membuat Pakan Ekonomis Untuk Lele

Ada beberapa bahan yang diperlukan yang diantaranya yaitu:

  • Ampas tahu yaitu 10 = 10 kg ampas tahu.
  • Katul/dedek halus yaitu 5 = 5 kg katul atau dedak halus.
  • Ikan asin Bs yaitu 1 = 1 kg ikan asin bs.

Dalam hal ini kemudian pada ikan asin direbus dan dihaluskan, lalu campur dengan perbandingan 10:5:1 selanjutnya aduk jadi satu dan lalu berikan sesuai dengan kebutuhan pada lele anda tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Membuat Pakan Yang Ekonomis Untuk Lele semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :