“Tips Ampuh” Cara Menghilangkan Lumut Di Kolam Pembibitan Lele

Posted on

TutorialTani.Com – Dalam hal ini Lumut merupakan salah satu masalah bagi para peternak dalam pembibitan lele, karena larva dapat terjerat dan ujungnya akan mengakibatkan kematian. Untuk benih lele yang berukuran besar juga ada kemungkinan akan mati hal ini karena lumut akan semakin tebal dan mengganggu bahkan menjerat pada benih lele.

Cara Menghilangkan Lumut Di Kolam Pembibitan Lele

“Tips Ampuh” Cara Menghilangkan Lumut Di Kolam Pembibitan Lele

Selain dapat menimbulkan pemasalahan pada bibit, lumut ini juga sangat mengganggu pada saat panene bibit lele. Ketika menjaring benih lele yang bercampur lumut kita akan kesulitan untuk dapat memisahkannya. Lumut muncul dapat disebabkan karena kandungan nutrient dalam air tapi kebanyakan karena intensitas sinar matahari yang sangat tinggi.

Oleh karena itu , sangat dianjurkan untuk mengotrol pertumbuhan pada lumut di kolam agar menjga habitat tetap sehat, baik dikolam hias maupun pada kolam budidaya.

Pemicu Pertumbuhan Lumut

Ada beberapa hal yang dapat memicu pertumbuhan lumut yang diantaranya yaitu:

  • Pada sisa pakan ikan yang berlebih di dasar kolam.
  • Dalam penggunaan pupuk kandang yang berlebih.
  • Banyaknya sinar matahari.
  • Banyaknya bahan organik di kolam.

Cara Mengurangi Atau Mengatasi Lumut Pada Kolam

Ada beberap hal yang perlu dilakukan untuk dapat mengurangi lumut pada kolam yang diantaranya yaitu:

  • Dengan menaikkan tinggi air kolam, tapi itu saja tidaklah cukup karena sinar matahari masih bisa menembus hingga ke dasar kolam.
  • Untuk dapat menghindarinya maka air harus dibuat hijau, dengan beri pupuk dan biarkan selama 5 hingga 7 hari. Cari pupuk yang higienis, pupuk yang paling baik bukan dari kotoran hewan.
  • Dengan pasang paranet diatas kolam, pilih sesuai dengan kebutuhan karena paranet bisa dilihat dari kerapatannya, macam paranet yaitu: Paranet 45%, 50%, 65%, 75%, 80%, dan 90%. Semakin rapat dan semakin banyak parenet menutupi kolam makan intensitas cahaya matahari masuk akan semakin sedikit sehingga lumut yang tumbuh akan semakin berkurang.
  • Dengan pasang plastik hitam/plastik mulsa, sama dengan paranet semakin banyak plastik hitam yang dipasang maka semakin sedikit cahaya matahari yang akan masuk ke kolam dan semakin kecil sekali lumut akan tumbuh. Tapi suhu kolam akan menjadi redah dan dapat mempengaruhi pertumbuhan lele. Tapi tidak perlu kawatir karena plastik hitam dapat menyerap cahaya, jadi sehingga suhu air pun dalam kolam akan tetap.

Demikianlah pembahasan mengenai “Tips Ampuh” Cara Menghilangkan Lumut Di Kolam Pembibitan Lele semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: