Penyebab Dan Cara Mengatasi Kolam Lele Berbusa

Posted on

TutorialTani.Com – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang terbilang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan ini memiliki tingkat konversi pakan menjadi bobo tubuh yang baik. Dengan sifat seperti ini, dalam budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan apabila dilakukan dengan secara intensif.

cara mengatasi kolam lele berbusa

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kolam Lele Berbusa

Namun dalam membudidaya khususnya pada ikan lele ada saja hambatan atau masalah bagi petani lele, yang salah satunya misalnya seperti kolam lele yang berbusa. Kolam berbusa dan muncul gelembung-gelembung hal ini biasanya terjadi karena kolam terlalu padat atau cuaca yang mempengaruhi pH air (musim hujan). Nah berikut ini penyebab dan cara mengatasi kolam lele berbusa, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

Penyebab Kolam Lele Berbusa

Ada beberapa penyebab yang diantaranya yaitu:

  • Adanya gelembung-gelembung di kolam lele biasanya dihasilkan oleh lendir lele karena faktor bibit lele stres yang sehingga mengeluarkan lendir.
  • Karena jumlah bibit di kolam terlalu padat.
  • Karena sangat tingginya kadar organik yang terlarut di dalam air. Bahan organik ini dapat berasal dari sisa kotoran lele yang tidak terurai dan sisa pakan yang tidak dimakan lele.
  • Karena adanya ledakan alga atau bisa disebut juga dengan algae blooming, yang ledakan alga tersebut terjadi karena proses pemupukan yang terlalu berlebihan penggunaan katalis plankton.

Beberapa masalah tersebut bagi petani lele hal ini akan berdampak kematian bertahap pada lele. Ini tentu saja akan sangat merugikan bagi petani lele tersebut. Dalam hal ini lalu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kolam Lele Berbusa

Untuk mengatasinya yakni dengan cara buang air bagian bawah sebanyak 30% kalau sudah isi kembali kolam dan lele wajib dipuasakan kurang lebih 1 hari sampai ikan lele tersebut lincah. Untuk disarankan dengan memberikan probiotik supaya bakteri pengurai kembali bertambah sehingga media menjadi stabil.

Untuk kolam yang terlalu padat dapat dengan melakukan penjarangan bisa juga diatasi dengan sistem kocor (mengalir air dengan semburan kencang yang terus menerus).

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Dan Cara Mengatasi Kolam Lele Berbusa semoga dengan adanya ulasan tersebut berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: