Cara Mudah Menanam Semangka Di Dalam Pot

Posted on

TutorialTani.Com – Tanaman semangka ialah salah satu tanaman yang sanga populer dan banyak sekali yang menyukainya. Tanaman ini sudah mendunia dan banyak sekali yang sudah membudidayakannya. Namun bagi seorang petani yang masih pemula atau yang sudah berpengalaman pastinya menginginkan membudidayakan tanaman tersebut lebih mudah lagi.

Cara Menanam Buah Semangka Dalam Pot

Cara Mudah Menanam Semangka Di Dalam Pot

Untuk salah satu yang lagi populer ialah dengan sistem menggunaka media pot atau polibag. Dengan menanam tanaman ke dalam media ini akan lebih mudah untuk melakukan pemeliharaan, pengawasan dan pengontrolan serta dengan media ini sangat tidak memakan tempat atau lahan. Dengan media ini anda dapat menanam di perkarangan rumah, belakang rumah bahkan juga di gudang yang tidak digunakan. Apabila anda berniat simak berikut ini cara membudidayakan tanaman semangka dengan menggunakan media pot dengan mudah.

Pemilihan Bibit

Dalam menanam semangka pemilihan bibit sangatlah penting dilakukan, karena hal yang akan menghasilkan tanaman yang memiliki kualitas dan juga banyak menghasilkan produktivitas. Perbanyakan tanaman ini menggunakan biji yang langsung anda beli di sebuah toko pertanian. Benih atau biji yang akan kita pilih ini tergantung dengan varieties sesuai dengan keinginan petani. Untuk benih yang akan dipilih yaitu yang sehat, mengkilap, berwarna hitam atau kecoklatan, tidak terserang hama dan tidak abnormal. Setelah menemukan langsung lakukan perendaman dengan fungisida dalam waktu 24 jam atau kurang, hal ini bertujuan agar tidak dapat mudah terserang hama maupun penyakit nantinya.

Pengelolahan Media Tanam

Dalam menanan semangka tahapan berikutnya pengelolahan media tanam hal ini sangat perlu sekali untuk diperhatikan sebagai berikut ini :

  • Sebelum penanaman di lakukan sebaiknya carilah tanah yang memiliki seperti gembur, subur dan banyak mengandung bahan organiknya.
  • Setelah itu lakukan pengadukan atau dengan pencangkulan serta mencampurkan sedikit atau secukupnya pupuk kandang atau pupuk kompos hingga merata.
  • Setelah itu diamkan terlebih dahulu dalam waktu beberapa minggu sebelum tanam.
  • Kemudian itu, lakukan lah pemasukan ke pada media pot dengan ukuran keinginanan anda, baik sedang, besar maupun lainnya.
  • lalu memasukannya dengan secara hati-hati tanpa merusak pot atau polibag, hingga penuh dan selanjutnya dengan melakukan penyiraman hingga lembab, lalu siap di tanam.

Penanaman Tanaman Semangka

Proses berikutnya setelah media tanam sudah selesai, dengan melakukan penanaman tanaman semangka yang sudah di rendam tersebut. Penanaman ini dilakukan dengan membuat lubang tanam 2 hingga 3 cm, lalu masukan 2 hingga 3 benih semangka, kemudian lakukan penimbunan benih tersebut dengan permukaan tanah atau sisa tanah yang dibuat untuk pengelolahan media tanam, lakukan penyiraman hingga lembab.

Pemeliharaan Tanaman Semangka

Untuk proses pemeliharaan pada tanaman ini dapat dilakukan dengan cara penyulaman, penyiraman, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit.

  • Penyulaman
    Untuk langkah ini dapat dilakukan sekitar 1 minggu setelah tanam menggantikan tanaman yang sudah mati dengan benih yang baru.
  • Penyiangan
    Untuk langkah ini dapat dilakukan dengan membersihkan gulma atau tanaman liar yang ada di sekitar tanaman semangka tersebut.
  • Penyiraman
    Untuk langkah ini dapat dilakukan dua kali dalam satu hari dan jangan sampai terlalu berlebihan.
  • Pemupukan
    Untuk langkah ini dapat dilakukan dengan memberikan pupuk kandang, Urea, TSP dan lainnya sesuai dengan takaran.
  • Pengendalian Hama Dan Penyakit
    Untuk langkah yang terakhir harus dilakukan sanitasi dan juga penyemprotan fungisida maupun insektisida jika sudah mengetahui gejala serangan.

Pemanenan Tanaman Semangka

Pada tanaman semangka ini dapat di panen ketika 2-3 bulan, setelah tanaman bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pemanenan ini di tandai dengan buah yang sudah membesar, warna yang mengkilap, tangkai batang sudah menguning atau kering dan juga lainnya. Pemanenan ini dilakukan dengan cara memetiknya langsung atau dengan cara memotong tangkai batang semangka

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Semangka Di Dalam Pot semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂