Cara Mudah Menanam Sawo Di Dalam Pot “ Agar Cepat Berbuah ”

Posted on

TutorialTani.Com – Tanaman sawo ialah tanaman yang sangat disukai masyarakat umumnya, karena mempunyai manfaat yang besar sekali bagi masyarakat. Salah satunya seperti untuk pelindung, perindang maupun dapat menambah O2, apabila jika menanamnya di pekarangan rumah maka akan lebih baik.

Setiap orang pastinya banyak sekali yang menginginkan tanaman ini sebagai perindang dan dapat menghasilkan buah yang sangat banyak dan lebat. Namun hal itu sangatlah mudah baik bagi para petani pemula maupun juga bagi para petani yang sudah sering atau terbiasa dalam menanam tanamn ini. Pada tanaman sawo ini sudah banyak yang membuktikan bahwa bisa ditanam dengan media yang sangat sederhana yaitu dengan media pot.

Cara Menanam Sawo Didalam Pot

Cara Mudah Menanam Sawo Di Dalam Pot “ Agar Cepat Berbuah ”

Untuk menggunakan media pot ini maka akan dapat memudahkan bagi para petani untuk dapat melakukan perawatan, pemeliharaan dan pengawasan. Apabila anda berminat dalam membudidayakannya maka silakan perhatikan panduan atau cara menanam tanaman sawo ini di dalam pot, simak dibawah ini.

Baca Juga :

Pemilihan Bibit

Hal yang pertama dalam menanam tanaman sawo yaitu pemilihan bibit. Dalam memilih bibit yang akan digunakan untuk menanam tanaman sawo pastinya yang berkualiatas. Tanaman ini di perbanyakan dengan generative atau dengan cara pencangkokan, pastinya cara ini sudah banyak mengetahuinya. Sebelum pencangkokan sebaiknya indukan harus benar-benar, berkualitas berupa produktivitas yang dapat menghasilkan banyak, tahan terhadap hama dan penyakit, tidak abnormal dan juga sudah mencapai umur 1-2.5 tahun. Untuk bagaimana cara pencangkokan sebagai berikut :

  • Dalam Proses ini dengan melakukan pemilihan batang yang lurus dan juga kondisi baik, serta memiliki mata tunas yang baik.
  • Setelah ketemu, maka lakukan pengupasan pada batang 3-4 cm, dan juga mengelilingan batang yang dicangkok.
  • Berikutnya persiapan cangkokan berupa plastik atau serabut kelapa yang telah diisi dengan tanah yang sebelumnya sudah dicampurkan media pupuk kandang atau kompos.
  • Selanjutnya lakukan penempatan plastik atau serabut kelapa di batang yang sudah di kupas atau di kuliti tersebut.
  • Yang terakhir lakukan pengikan bagian pucuk atas dan bawah plastik atau serabut kelapa sampai rapat. Dan  selanjutnya biarkan selama dalam 4-6 bulan. Sampai menunggu akar tunas muncul yang berada dalam batang. Lalu pindahkan ke media tanam pot.

Pengelolahan Media Tanam

Dalam pengelolahan seperti media tanam ini sangatlah penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tanaman sawo. Untuk tahapan-tahapan tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Tahapan yang pertama yakni dengan pemilihan tanah seperti gembur, subur dan banyak mengandung bahan organic.
  • Berikutnya setelah menemukan maka melakukan pencangkulan dengan secara merata kemudian dengan melakukan pencampuran pupuk kandang atau kompos.
  • Setelah sudah di campur, maka lakukan penyiraman hingga lembab dan kemudian diamkan 3-4 hari sebelum penanaman.
  • Tahapan berkutnya masukan media tersebut di dalam pot yang sudah disiapkan, untuk ukuran pot yang digunakan tergantung dengan pemilik, namun sebaiknya dengan memiliki ukuran yang relative besar.
  • Lalu diamkan dan diberi pupuk kembali untuk meningkatkan pH tanah serta meningkatkan unsure hara tanah.
  • Tahap terakhir yaitu siap untuk melakukan tanam.

Penanaman Tanaman

Untuk penanaman tanaman sawo dengan media pot, dapat dilakukan dengan acar yang sangat sederhana yakni dengan membuat lubang terlebih dahulu sebelum penanaman dengan memiliki kedalaman 4-6 tergantung dengan akar atau tunas pencangkokan.

Selanjutnya masukan bibit yang sudah dicangkokan di dalam lubang tersebut dan kemudian timbun dengan permukaan tanah sisa dari pengelolahan tanah yang sudah di campurkan seperti pupuk kandang atau pupuk kompos dan lalu siram sampai lembab.

Pemeliharaan Tanaman

Dalam proses pemeliharaan pada tanaman sawo ini dapat dilakukan dengan cara penyiangan, penyiraman dan pemupukan. Untuk penjelasannya sebagai berikut :

  • Penyiangan
    Dalam langkah ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan tanaman yang menganggu yang berada disekitar tanaman sawo dengan bantuan cangkol atau lainnya.
  • Penyiraman
    Dalam langkah ini dapat dilakukan 2 kali dalam sehari, kurangi penyiraman apabila terjadi kondisi musim hujan.
  • Pemupukan
    Dalam langkah ini dapat dilakukan 2-3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk Urea, Tsp dan Kcl serta pupuk lainnya tergantung dengan pemilik.

Pemanenan Tanaman

Untuk proses pemanenan sawo secara generative sangat cepat, berumur 6-7 bulan tergantung dengan pertumbuhan dan pemeliharaan tanaman. Untuk pemanenan dilakukan dengan cara pemetikan langsung dengan bantuan gala, gunting atau dengan tangan langsung. Dalam pemanenan tanaman sawo ini dapat dilakukan 2-3 hari sekali, karena tanaman ini tidaklah musiman.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Sawo Di Dalam Pot “ Agar Cepat Berbuah ” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂