Cara Menanam Buah Anggur Di Dalam Pot !! Agar Cepat Berbuah

Posted on

TutorialTani.Com – Buah anggur merupakan tanaman buah yang berupa persu merambat yang termasuk kedalam keluarga ( vitaceae ). Buah anggur ini biasanya digunakan untuk jus anggur, jelly, minuman anggur. Buah ini juga sangat dikenal karena mengandung banyak senyawa ( Polifenol ) dan ( Resveratol ) yang sangat peran aktif dalam sebagai metabolism tubuh. Serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker maupun penyakit lainnya. Aktifitas ini juga terkait dengan adanya senyawa ( Metabolit Sekunder ) pada buah anggur yang sangat berperan sebagai senyawa ( antioksidan ) yang mampu menangkal radikal bebas.

Cara Menanam Buah Anggur Di pot

Cara Menanam Buah Anggur Di Dalam Pot !! Agar Cepat Berbuah

Buah anggur ini selain dapat ditanam di lahan terbuka, sangat bagus juga jika dibudidayakan didalam sebuah pot. Jika anda memang menyukai jenis tanaman buah anggur ini tidak salahnya untuk mencoba menanamnya. Nah berikut ini cara menanam anggur didalam pot agar buah anggur lebat dan hasilnya manis yang bisa anda praktekan di rumah anda, simak dibawah ini.

Pemilihan Pot

Langkah pertama setelah adanya bibit kita menentukan pot yang nantinya akan dipergunakan. Hal ini perlu sekali anda ingat karena tujuan kita ialah untuk menciptakan keindahan tanaman hias maka pot yang akan digunakan haruslah yang bagus dan baik. Misalnya seperti pot yang terbuat dari semen, pot plastic atau pot dari tanah.

Dan untuk diameter pot yang akan digunakan harus besar baik itu pada permukaan bawah sama besarnya. Namun dari berbagai macam jenis bahan pot yang baik untuk digunakan menanam anggur ialah pot yang berbahan dasarnya terbuat dari tanah. Hal seperti ini cukup baik pengaruhnya bagi tanaman anggur. pot yang menggunakan dari bahan dasar tanah memiliki pori-pori bagian dasarnya yang bisa menyerap air. Sehingga akar tanaman tidak akan mudah kekeringan apabila terlambat menyiram dan tidak akan lembab apabila terlalu banyak air penyiraman.

Media Tanam

Untuk media tanaman yang akan dipergunakan untuk tanaman anggur di dalam pot haruslah sesuai dengan karakteristik tanaman. Untuk media tanaman yang cocok untuk buah anggur ialah dengan menggunakan pasir dan pupuk kandang. Karena pasir mudah ditembus oleh air dan akar tanaman anggur. Sebelum dimasukkan kedalam pot, pasir dan pupuk kandang diaduk terlib dahulu. Dan untuk lebih bagus lagi sepertiga bagian bawah pot di isi dengan tanah yang gembur supaya menghambat keluarnya air dari pot tersebut.

Teknik Menanam Kedalam Pot

Langkah awal yakni masukkan pecahan batu bata atau genteng pada dasar pot. Lalu masukkan media tanam yang telah di campur rata. Dan isi pot sampai hampir penuh. Kemudian buat lubang tanam pada tengahnya yang lebih besar sedikit dari polibag yang dipakai oleh bibit.

Lalu polibag dilepas dan masukkan bibit tersebut pada lubang yang telah tersedia lalu pada alur posisi tanaman supaya terlihat tegak dan tutup permukaan dengan media tanam kembali. Selanjutnya siram, apabila selesai penyiraman maka pada permukaan tanah akan menurun hingga 5 cm dari bibir pot. Hal seperti ini terjadi karena pemadatan pada media tanam, selanjutnya simpan tanaman tersebut di tempat yang terkena sinar matahari secara penuh.

Perawatan Tanaman

Untuk perawatan tanaman yang dilakukan pada tanaman anggur yang ada didalam pot juga sama halnya seperti perawatan anggur yang di tanam dikebun. Namun perawatan tidak sesulit yang dilakukan di daerah kebun. Nah berikut ini yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman anggur di dalam pot simak dibawah ini.

  • Untuk melakukan penyiraman tanaman anggur di dalam pot, lakukan setiap harinya pada waktu sore hari, kemudian pada waktu penyiraman haruslah berhati-hati agar percikan air tersebut tidak merusak pada media tanam, berupa pasir dan pupuk kandang yang mudah bergerak apabila terkena air dan jangan sampai merubah posisi akar.
  • Dalam pemberian ajir pada tanaman anggur sangatlah penting, hal ini agar pada bibit anggur dapat tumbuh dengan lurus, ajir ini dapat berupa seperti kayu ataupun bilah bambu setebal 1,5 cm dengan panjang 1 meter. Ajir ini berfungsi untuk penyangga pada bibit hingga datang waktu pemangkasan pertama.
  • Pada awal penanaman bibit anggur di ikat longgar dengan ajir, untuk proses pertumbuhannya pada tanaman anggur dengan sendirinya akan tumbuh memanjat dengan bentuan sulur. Agar menghasilkan cabang yang menarik, pohon anggur harus dikasih penopang hal ini berfungsi sebagai panjatan. Panjatan ini ditanam di dalam pot yang berupa bilah bambu setebal 2 cm dengan panjang ukuran 1,5 m yang berupa seperti lilitan kawat.
  • Untuk satu pot diberi 4 bilahan bambu yang ditancapkan pada pinggir-pinggir pot penopang bambu ini akan menjadikan tanaman anggur di dalam pot dapat dilihat dari berbagai arah dan bentuk percambahannya, dengan demikian dapat diatur sehingga berbentuk bulat seperti bola, selinder dan sebagainya.
  • Proses pemupukan tanaman anggur yang baru di tanam dalam pot dapat diberi pupuk Urea. Untuk ukuran dosis yang diberikan hanya 1 sendok makan lalu pupuk tersebut diberikan setiap 2 minggu sekali hingga tanaman mencapai umur tiga bulan, setelah tanaman anggur sudah mencapai umur 3 bulan pupuk yang diberikan di perbanyak menjadi 2 sendok makan dan pupuk diberikan ( sebulan sekali ).

Agar Tanaman Anggur Anda Ingin Cepat Berbuah

Hal yang sangat penting agar mempercepat tumbuhnya buah yakni dengan pemangkasan pada ranting yang menyebabkan bunga tersebut menjadi keluar dari cabang tersier. Saat cabang tersier sudah berwarna cokelat atau sudah berumur 3 bulan. Pemangkasan boleh dilakukan dan pemangkasan hanya dilakukan pada cabang tersier dengan mata tunas menonjol. Pemangkasan ini dilakukan pada ruas ke 4 ataupun ke 5 dari pada bagian pangkal cabang.

Untuk pemangkasan pertama, mulai dari bunga yang muncul biasanya masih berukuran kecil. Dan beransur-ansur akan bertambah pada pemangkasan ke 2, 3 dan seterusnya. Kemudian bunga yang muncul setelah pemangkasan lama-kelamaan akan mekar dan menghasilkan buah-buah kecil yang berwarna hijau.

Kemudian buah tersebut akan terus berkembang hingga mencapai pertumbuhan maksimal setelah 105 hingga 110 hari sejak pemangkasan. Untuk masa pertumbuhan pada buah tanaman anggur di dalam pot perlu di siram setiap hari dan pemupukan dilakukan setiap bulan. Untuk pupuk yang akan digunakan atau diberikan ialah NPK untuk ukuran yang akan diberikan sebanyak 2 sendok makan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Buah Anggur Di Dalam Pot !! Agar Cepat Berbuah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat manambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂