Cara Mudah Budidaya Buah Melon Di Dalam Polibag ( Pot )

Posted on

TutorialTani.Com – Bagi kebanyakan orang pastinya sudah mengenal dengan buah melon yang satu ini, buah melon merupakan buah yang favorit bagi masyarakat umumnya. Melon ini merupakan salah satu dari sekian tanaman buah yang termasuk ke dalam tanaman semusim yang masuk ke dalam family cucurbiataceae. Untuk di Indonesia sendiri buah melon sering di cari karena memiliki nilai dan harga yang jual yang tinggi. Dengan besarnya harga tidak jarang bagi para petani untuk beralih dalam membudidayakan melon sehingga hasilnya lumayan.

Cara Budidaya Melon Di Polibag ( Pot )

Cara Mudah Budidaya Buah Melon Di Dalam Polibag ( Pot )

Namun saat ini semakin sempit lahan yang akan digunakan. Sempitnya ruang tanam tidak menghentikan bagi para petani untuk dapat membudidayakannya. Yang salah satu cara yang dapat digunakan untuk budidaya melon ialah dengan menggunakan media tanam pot. Langkah ini merupakan langkah yang tepat dan juga sederhana namun hasilnya luar biasa. Jadi bagi anda yang juga tertarik ingin membudidayakan melon coba sistem tanam dalam pot untuk melakukan hal tersebut, nah beberapa persiapkan yang perlu dilakukan ialah sebagai berikut :

Baca Juga :

Pemilihan Bibit

Untuk bibit ini yang pertama kita memerlukan benih, untuk mendapatkan benih melon kita dapat membeli di berbagai toko pertanian yang sidah banyak sekali menjualnya. Pilihlah bibit yang memiliki kualitas.

Sebelum benih tersebut di tanam, terlebih dahulu harus merendamnya ke dalam air kurang lebih sampai 12 jam. Air yang akan digunakan untuk merendam di campur dengan fungisida. Apabila sudah diras cukup, benih tersebut dapat di angkat dan meniriskannya di tempat yang gelap. Selanjutnya ditinggal hingga benih berubah menjadi seperti kecambah dan tumbuh. Nah pada saat seperti ini selanjutnya bibit di semai pada tempat yang sudah ditentukan.

Tujuan benih direndam untuk memudahkan agar cepat tumbuh dan membentuk kecambah, kemudian setelah itu kita dapat melihat dan memilih benih yang baik untuk ditanam. Sehingga cara ini dapat digunakan sebagai antisipasi dan mengurangi penyakit karena sudah dicampur dengan fungisida sebelumnya.

Pengolahan Media Tanam

Selain benih, kita juga memperhatikan tempat menanam melon, untuk hasil yang baik dapat menggunakan campuran tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 3 : 2. Hal ini agar tahan terhadap penyakit pada pertama kali penanaman kita juga dapat menambahkan furadan sebanyak 5 gram, humic acid 1 liter dan NPK 20 gram saja, kesemuanya di aduk hingga rata agar tercampur dengan baik.

Penanaman Tanaman

Dalam proses penanaman dapat dilakukan bila benih melon sudah memiliki daun 4 lembar. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan sekitar maksimal hingga 14 hari. Tanah yang digunakan di siram terlebih dahulu, waktu yang tepat untuk menanam melon ialah pada waktu sore hari karena waktu tersebut sinar matahari tidak terlalu panas, hal ini dilakukan untuk meminimalisir tingkat kematian bibit melon karena masih proses adaptasi di tempat yang baru.

Pemeliharaan Tanaman

  • Membuat Ajir
    Buah melon ini menjalar jadi kita memerlukan sanggahan atau disebut dengan ajir. Sanggahan harus kuat agar dapat menahan buah melon ketika sudah mulai besar dan berbuah. Untuk membuat ajir anda hanya memerlukan bambu kurang lebih panjangnya hingga 2 meter dan kemudian tancapkan pada daerah tanaman hal ini agar nantinya melon menjalar.
  • Pemangkasan
    Berikutnya kita juga memerlukan pemangkasan untuk memilih buah yang baik, pemangkasan dilakukan bila sudah agak besar sehingga dapat menentukan buah mana yang akan dibesarkan.
  • Pemupukan
    Salah satu yang menentukan melon berkualitas atau tidaknya yaitu pemupukan. Pemupukan memang sangat perlu untuk diperhatiak supaya produksi buah yang akan dihasilkan nantinya lebih baik dan berkualitas. Pupuk yang digunakan seperti Urea, Npk.
  • Penyiraman
    untuk langkah ini dapat dilakukan dua kali dalam satu hari dan jangan sampai terlalu berlebihan.
  • Pengendalian Hama Dan Penyakit
    Untuk langkah ini dapat dilakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida maupun insektisida jika sudah mengetahui gejala serangan.

Pemanenan Tanaman

Buah melon boleh dipanen bila sudah cukup tingkat kemtangan yang pas sehingga rasanya juga pas. Melon dapat dipetik kurang lebih umur 65-70 Hsb. Dalam proses melakukan panen yaitu dengan menggunakan pisau yang taham atau gunting. Caranya ialah dengan memotong tangkai buah kurang lebih 3 cm dari pangkal.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Budidaya Buah Melon Di Dalam Polibag ( Pot ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂