Cara Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot ( Polybag )

Posted on

TutorialTani.Com – Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang sudah dikenal di Indonesia karena tanaman ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Dapat digunakan sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit dan belakangan ini juga pada tanaman lidah buaya sangat populer dan tren karena memiliki banyak manfaat yang sangat luas dan juga memiliki kegunaan yang cukup besar di bidang Industri, pertanian dan sebagainya.

Cara Budidaya Lidah Buaya Di Dalam Pot ( Polibag )

Cara Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot ( Polybag )

Pada tanaman lidah buaya ini karena semakin meningkatnya permintaan dan juga harga yang tinggi, para petani pastinya ingin membudidayakan tanaman lidah buaya ini tanpa harus lahan yang luas dan juga sangat mudah. Oleh karena itu kali ini akan mengulas cara bagaimana dalam membudidayakan lidah buaya dengan menggunakan media pot ( polibag ), nah berikut ini langkah-langkah dibawah ini.

Baca Juga :

Persiapan Media

Hal yang pertama sekali untuk menghasilkan lidah buaya yang berkualiatas harus memperhatiakan media tanah yang digunakan sebelum penanaman. Media tanam yang digunakan ialah tanah yang gembur, subur dan juga mengandung bahan organik. Dalam persiapan media tanah ini harus melakukan tahapan berikut ini.

  • Dengan mencari tanah untuk media tanam, dengan menggunakan media tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Begitu telah menemukan maka kemudian membajak dan meratakannya dengan bantuan menggunakan cangkul.
  • Dalam perataan ini harus memberikan tambahan pupuk kandang atau kompos lalu tambahan air dengan secukupnya.
  • Sebelum penanaman sebaiknya media tanam diamkan 4-5 hari, sebelum tanam dan kemudian memasukannya kedalam media pot ( polibag ).
  • Untuk media pot atau polibag yang akan digunakan dalam penanaman tanaman lidah buaya ini tergantung dengan pemiliknya dengan menggunakan ukuran besar, sedang maupun kecil.

Pembibitan Tanaman

Untuk tahap dalam pembibitan pada tanaman lidah biaya ini dilakukan dengan cara generative yakni dengan cara mencari anakan pada indukan tanaman lidah buaya. Hal ini dilakukan dengan cara mencabut atau mencongkel dengan hati-hati supaya tidak merusak pada tanaman lidah buaya. Kemudian memindahkannya ke media tanam.

Dalam proses pembibitan pada tanaman lidah buaya ini membutuhkan waktu 3-5 minggu. Hal ini dimaksudkan supaya tanaman lidah buaya tidak mudah terserang oleh hama dan penyakit serta dapat tumbuh dengan cepat.

Penanaman Tanaman Lidah Buaya

Tahap selanjutnya yakni penanaman, sebelum penanaman dilakukan pemasukan media tanah terlebih dahulu kedalam pot atau polibag. Dengan cara perlahan-lahan dan juga jangan sampai terlalu penuh. Lalu sebelum tanam buatlah lubang tanam dengan memiliki kedalaman 2-4 cm. lalu masukan bibit yang tadi sebelumnya sudah dipersiapkan kemudian tanam ke lubang tanam dan kemudian berikan juga tanah di dalam lubang hingga tertutup lalu siram sampai kondisi basah.

Pemeliharaan Pada Tanaman Lidah Buaya

Dalam proses pemeliharaan pada tanaman lidah buaya dalam pot atau polibag ini tidaklah serumit yang dibayangkan yakni berupa dengan tahap penyiraman, tahap penyiangan maupun dengan tahap pemupukan.

  • Penyiraman
    Untuk penyiraman tanaman ini dilakukan 2 kali dalam satu hari yaitu pagi dan sore hari.
  • Penyiangan
    Untuk tahapan penyiangan pada tanaman ini dilakukan dengan cara membersihkan tanaman liar yang mengganggu tanaman lidah buaya.
  • Pemupukan
    Untuk tahapan pemupukan pada tanaman ini dilakukan dengan secara berskala yakni 2 hingga 3 bulan sekali atau dengan dua kali tergantung dengan pemilik. Untuk pupuk yang diberikan berupa Urea, Tsp dan juga pupuk lainnya yang dapat menyuburkan tanaman.

Pemanenan

Untuk tanama lidah buaya dengan media ini sama dengan pemanen pada umumnya yaitu 12-18 bulan setelah tanam. Namun pemanen pada tanaman ini dapat dilakukan setiap bulannya, dengan cara pemanen dengan menggunting, mencabut dan juga dengan memotongnya dengan menggunakan bantuan alat gunting atau pisau. Kemudian lakukan penyimpanan atau pemasaran ke berbagai daerah terdekat.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot ( Polybag ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂