Cara Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta “ Bernilai Ekonomi ”

Posted on

TutorialTani.Com – Bagi pencinta tanaman hias pastinya tidak asing lagi dengan tanaman satu ini, yang beberapa tahun lalu, tanaman Anthurium atau yang lebih dikenal dengan nama gelombang cinta sangat populer dan banyak orang yang memilikinya. Hal tersebut dikarenakan dengan memiliki keindahan yang terletak pada bagian daunnya. Dan tidak hanya itu saja, tanaman hias gelombang cinta ini juga memiliki kesan alami dan bergaya modern natural yang kuat.

Cara Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta

Cara Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta “ Bernilai Ekonomi ”

Selain itu juga tanaman Anthurium ini tidak memerlukan tempat di pekarangan karena dapat ditanam dengan menggunakan media pot dan dapat ditempatkan di berbagai tempat. Bila beberapa waktu lalu untuk harga dari tanaman Anthurium dapat mencapai puluhan sampai ratusan juta, sekarang ini justru seperti tidak memiliki nilai yang berlebih.

Baca Juga :

Dalam hal ini bukan berarti anda tidak memiliki peluang untuk dapat membudidayakan jenis tanaman yang satu ini, karena diperkirakan tren Anthurium akan kembali dan memiliki harga jual yang tinggi. Dalam memulai bisnis budidaya tanaman hias gelombang cinta, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, nah berikut ini cara budidaya tanaman hias gelombang cinta.

Mengetahui Jenisnya

Tentu saja untuk membudidayakan tanaman yang satu ini, anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis dari anthurium yang ada di tanah air ini. Untuk di Indonesia tanaman Anthurium yang paling banyak tumbuh ialah jenis kuping gajah, lidah gajah, rafidooa, wali songo, scherzerianum, andreanum dan makrolobum. Semuanya sangat cocok digunakan sebagai penghias dan pemercantik ruangan karena pada dasarnya tanaman anthurium ini ialah tanaman hias yang bisa memperindah tempat tinggal.

Mempersiapkan Media Tanam Dan Wadah

Hal yang sangat penting dalam membudidayakan tanaman satu ini ialah dengan siapkan wadah atau pot yang akan digunakan, dengan memiliki ukuran cukup besar untuk menanam benih, biji atau tanaman anthurium ini.
Namun sebelumnya pada bagian dasar pot tersebut tempatkan dulu pecahan genteng atau gabus yang berfungsi sebagai penyaring supaya tanah tidak ikut keluar ketika dilakukan penyiraman. Setelah itu tutup genteng atau gabus tersebut dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kompos yang telah diaduk menjadi satu.

Memasukan Tanaman Ke Dalam Pot

Begitu wadah dan media tanam telah dipersiapkan, anda dapat memasukkan atau menanam tanaman anthurium ke tempat tersebut. Tambahkan media tanam dengan memiliki ketinggian sekitar 3-5 cm dari permukaan pot kemudian letakkan pot berisikan tanaman hias gelombang cinta ini di tempat yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung.

Perawatan

Dalam perawatannya hal ini tidak begitu susah anda hanya perlu dengan memberikan air secukupnya dan juga pupuk setiap 1-2 hari sekali. Apabila ada daun yang terlihat rusak, anda bisa dengan memotongnya supaya terlihat kembali bersih dan menarik anda juga bisa memberikan butrisi berupa susu cair atau bubuk atau juga vitamin khusus tanaman agar anthurium yang anda tanam dapat terus sehat.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta “ Bernilai Ekonomi ” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂