6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Kacang Merah Menghasilakan

Posted on

TutorialTani.Com – Kacang merah kecil atau kacang tolo merah adalah sejenis kacang. Kacang ini banyak digunakan dalam masakan Indonesia, contohnya sup kacang merah dan sambal goreng krecek. Kacang ini kadang disebut kacang tolo saja atau kacang merah saja.

Kacang Merah

Komoditas tanaman ini juga memiliki prospek usaha budidaya tanaman dalam bidang pertanian karena jenis kacang ini masih banyak di buru di pasar-pasar tradisional. untuk itu peluang bisnis masih terbuka lebar dalam usaha budidaya kacang merah atau kacang tolo. Lain halnya dengan Budidaya Kacang PanjangSimak lebih lengkapnya di bawah ini.

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Kacang Merah Menghasilakan

Iklim

Iklim terbaik untuk budidaya kacang merah iklim basah sampai kering. Jadi, untuk mengatakan wilayah dataran tinggi di Indonesia sangat cocok untuk menanam kacang merah. Daerah yang paling baik untuk menanam benih kacang merah merupakan daerah yang memiliki curah hujan tinggi, antara 1500 mm sampai 2500 mm per tahun.

Udara

Kacang merah akan tumbuh dengan baik dengan teknik budidaya yang tepat, ketika tanaman tumbuh dengan kondisi suhu antara 20oC – 25oC. Bila suhu di bawah 20 oC, maka proses fotosintesis kacang merah akan terganggu, sedangkan bila suhu lebih dari 25 oC, maka akan ada banyak biji kosong atau tidak menghasilkan apa-apa karena banyak energi yang digunakan untuk proses respirasi , dan ini tidak akan diselesaikan dengan cara penanaman apapun. Lain halnya dengan Budidaya Kacang Buncis

Tanah

Tanah yang paling sesuai untuk penanaman kacang merah yang baik adalah tanah dan regosol jenis androsol. Androsol memiliki tanah hitam, kandungan organik tinggi, antara tanah liat dan gambut, dan permealibilitasnya menjadi.

Sementara tanah regosol abu-abu berwarna dan bertekstur seperti pasir. Untuk membuatnya lebih mudah untuk merawat dan teknik yang tepat untuk menanam kacang, tanah juga harus memiliki tingkat pH yang sesuai untuk kacang merah, yang merupakan 5,5-6. Lain halnya dengan Budidaya Kacang Tanah

Baca Juga :

Penanaman

Waktu Tanam

Pada lahan sawah tanaman kacang hijau ditanam pada musim kemarau setelah padi. Sedangkan dilahan tegalan dilakukan pada awal musim hujan.

Cara Tanam

Benih ditanam dengan cara tugal, dengan jarak 40 cm x 10 cm atau 40 cm x 15 cm, tiap lubang diisi 2 biji.

Pemupukan dan Penyiraman

Proses pembuahan dilakukan sekali ketika menanam dan 2 minggu sementara biji kacang merah mulai tumbuh menjadi tunas muda. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang atau kompos, sehingga hasilnya lebih baik dan lebih aman untuk digunakan. Lain halnya dengan Budidaya Kacang Buncis

Penyiraman dilakukan setiap hari 2 kali sehari. Hindari proses penyiraman yang membuat tanah di sekitar penanaman media kacang merah kacang merah yang tidak busuk dan tumbuh dengan baik.

Hama yang Menyerang Kacang Merah

  • Hama yang sering menyerang tanaman kacang merah adalah kumbang daun, dengan nama latin Henosa Pilachna Signatipennis.
  • Untuk membasmi hama ini adalah dengan membunuh hama ini dengan tangan kosong anda atau anda juga bisa menggunakan pestisida organik yang dibuat dari bawang putih, cabe rawit, jahe, jeruk dan sambiloto.
  • Selain kumbang daun, hama lainnya yang menyerang kacang merah adalah ulat pengerek daun atau Etiella Zinckenella. Cara dan perawatan yang digunakan sama seperti cara untuk membasmi kumbang daun.

Masa Panen

Proses panen dilakukan setelah kacang berusia 60 hari. Karakteristik yang dapat kita gunakan untuk menentukan panen kacan warna merah polong lebih gelap, permukaan kulit kasar, biji pohon kacang tidak menonjol dan akan terdengan suara letupan ketika polong di pecahkan. Bila karakteristik di atas sudah di temui, maka kacang merah siap untuk dipanen.

Cara Panen

Hindari menggunakan alat pemotong, karena ketika polong terluka oleh alat ini, maka bakteri bisa masuk dan merusak kacang merah di dalamnya. Dan tips tentang cara yang benar adalah memilih dengan tangan perlahan-lahan dan hati-hati di dasar polong biji kacang merah. Proses panen bisa dilakukan setiap 2-3 hari dan berhenti ketika tanaman kacang merah adalah 80 hari.

Dikutip dari sumber : cybex.pertanian.go.id

Demikian Pembahasan Tentang 6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Kacang Merah Menghasilakan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca TutorialTani.Com Aminnn … 🙂