5 Langkah Mudah “Sukses” Cara Budidaya Ternak Burung Lovebird Untung Banyak

Posted on

TutorialTani.Com – Ternak burung lovebird mungkin sudah banyak dilakukan akan tetapi belum tentu semuanya dapat berhasil dan berjalan sesuai dengan yang di mau. Uuntuk itu simak panduan dan cara budidaya lovebird di bawah ini secara seksama untuk melaksanakan budidaya secara baik dan benar.

Budidaya Lovebird

5 Langkah Mudah Cara Budidaya Ternak Burung Lovebird Cantik

Persiapkan Sangkar Burung Love Bird

Siapkan kawat ram atau sangkar logam ukuran 50 x 50 x 50 cm bisa ditempati oleh sepasang love bird. Jangan lupa untuk menyiapkan kotak bersarang burung yang terbuat dari kayu ukuran 25 x 20 x 25 cm dan bertengger.

Memilih Jantan dan Betina Burung Love Bird

Ada banyak jenis burung cinta burung yang berada di Indonesia misalnya, seperti  fisher lovebird, lovebird mawar, dan lovebird leher kuning. Masing – masing dari spesies Lovebird tidak – dimorfik seksual. Itu berarti. antara laki-laki dan perempuan memiliki bentuk fisik yang sama.

Karena itu. membutuhkan teknik khusus dan pengalaman untuk membedakan antara laki-laki dan betina.Secara seks fisik Lovebird dalam Lovebird dibedakan sangat sulit. Jangan tertipu oleh lovebird menikah, karena lovebird lovebird yang belum tentu kawin jantan dan betina.

Baca juga :

Lovebird bisa semua laki-laki atau perempuan semua. Karakter adalah ketika sekitar dua minggu setelah Lovebird kawin Lovebird tidak juga berarti bibit laki-laki semua dan sebaliknya jika kira-kira 2 minngu setelah kawin lovebird bertelur lebih dari 6 telur kemungkinan Lovebird betina semua.

Sementara cara kebanyakan orang di Indonesia untuk membedakan jenis kelamin lovebird adalah dengan menyentuh tulang. dimana jika jarak antara kedua tulang supit renggang dan terasa lentur maka lovebird biasanya perempuan. Dan jika jarak antara tulang sempit dan terasa supit Lovebird keras biasanya seks pria. Namun cara ini tidak 100% benar.

Cara kebapakan Akuratyang paling sering dilakukan oleh orang-orang barat dengan cara tes darah untuk mencabut bulu Lovebird bulu lovebird mana dasar adalah ada sedikit darah yang tongkat lanjut dibawa ke laboratorium khusus untuk memeriksa lovebird gender. Cara ini. cara yang sangat akurat untuk menentukan jenis kelamin lovebird.

Usia Produksi

Lovebird bisa bertelur pada usia 8 bulan. Namun usia tidak baik untuk produktivitas loveird. Pada usia 8 bulan lovebird belum benar-benar matang untuk produksi, sehingga sering terjadi kegagalan dalam penetasan. Bahkan jika probabilitas ini sukses sangat kecil dan kualitas lovebird yang dihasilkan biasanya kurang baik. Untuk usia yang baik adalah usia 1 tahun. pada usia Lovebird benar-benar siap untuk produksi.

Penjodohan

Lovebird merupakan salah satu dari sau jenis burung mitra setia. Burung ini hanya ingin menikah dengan satu pasangan saja. Hal ini berlaku sampai mereka mati. Karena itu. perlu ada penanganan khusus untuk mencocokkan lovebird.

Untuk mencocokkan lovebird, tempat masing – masing pria dan wanita di sangkarterpisah terus sangkartersebut kedua. Jika mereka selalu dekat kemungkinan besar sudah ditakdirkan. Proses ini biasanya memakan waktu 3-7 hari. Proses pairing bisa sangat cepat bila dilakukan selama masing – masing lovebird sudah memasuki masa estrus.

Estrus periode ditandai dengan perilaku – perilaku. sesering bernyanyi dan melakukan aktivitas – aktivitas nafsu. yaitu laki-laki mencoba untuk menikah benda – benda di dekatnya. sementara merunduk sambil membuka sayap dengan ekor bergerak naik dan turun.

Jika pejantan dan betina yang sudah dipasangkan. dikumpulkan baik di penangkaran kandang. Ada hal yang perlu diingat: jika sudah terakumulasi dalam kandang tidak ingin menikah atau selalu mengejar – mengejar maka dipastikan pasangan ini telah gagal.

Cobalah untuk mengulangi proses ini dengan menukar salah satu dari mereka dengan lovebird lain. Ada juga acara unik. yaitu pasangan itu bercerai. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi yang kurang nyaman kandang. menekankan. serta perebutan makanan.

Alternatif lain untuk pasangan adalah untuk mengumpulkan banyak Lovebird sekaligus disebuah kandang besar. Ada setidaknya lima pasang lovebird di kandang. Satu hal yang harus diingat bahwa Lovebird tidak mengakui poligami atau poliandri seperti burung bangsa lain.

Karena itu. Jumlah Lovebird yang terkandung dalam kandang besar antara najntan dan betinna harus sama. Jika ada sepasang Lovebird sudah berpasangan, mereka biasanya langsung masuk ke glodok untuk kawin dan bertelur. Pasangan Lovebird pindahkan ke kandang penangkaran.

Perawatan

Jika lovebird sudah mulai kawin mereka secara otomatis akan mencari tempat untuk bertelur. Karena itu. di kandang harus disediakan glodog kotak sarang.

Siapkan juga alas penetasan di bagian bawah glodok yang secara naluriah, biasanya lovebird masih mencari bahan-bahan untuk membangun sarang. Di alam liar. biasanya mereka mengmpulkan berbagai ranting kecil. tangkai daun. dan lain-lain

Cobalah untuk menyebarkan cabang – ranting kecil, batang daunm kulit jagung kering dan bawah kandang. Demikian pula berusaha untuk tidak menyebarkan materi – materi yang masih basah atau segar ang. Gunakan hanya dikeringkan.

Bahan – bahan yang masih segar dapat membusuk di Glodok. Hal ini dapat menyebabkan masalah tersendiri. Selain itu. tidak menggunakan sebagai bahan yangbersifat seperti serat plastik dan karet sintetis. Bahan – bahan sintetis dapat menjadi racun jika tertelan oleh lovebird.

Ummnya lovebird berbaring 4-6 telur. Jangan khawatir jika lovebird langsung menetaskan. Biasanya burung-burung ini akan mengerami telur setelah telur ketiga keluar. Rada saat inkubasi. Lovebird tua kadang-kadang akan keluar dari glodok untuk makan. mandi, atau Cukup membentang sayapnya.

Pengeraman

Dalam proses ini terus lingkungan yang tenang ini kandang sehingga Lovebird bisa fokus mengeram dan mendapatkan hasil terbaik. Saya menyarankan agar tidak terlalu sering melihat situasi kandang atau bahkan terus telurnya sebanyak peternak biasanya rasa ingin tahu atau tidak bisa menunggu kedatangan Lovebird anak.

Dalam proses pengeraman 21-24 hari yaitu ketika proses penetasan. Tapi ketika telur tidak menetas setelah 26 hari kemungkinan telur tidak menetas dan dapat diambil dalam rangka Lovebird bisa bertelur lagi.

Jika ingin mengetahui kondisi telur kita bisa ambil telur dan kemudian kita pecah telur jika kondisi masih utuh, masih ada putih dan kuning telur berarti terseut telur yang tidak dibuahi. Namun, jika pelanggaran tersebut gagal dalam pengeramannya.

Penetesan

Telur Lovebird akan menetes setelah diinkubasi selama 21-23 hari. Ada yang unik dari Lovebird, proses penetasan telur dapat mengambil beberapa waktu, yaitu sekitar 24 jam. Itu wajar dan jangan khawatir karena selama proses penetasan itu akan penyesuaian dalam tubuh Lovebird anak.

Peternak harus tidak ikut campur dalam proses penetasan selama ini karena dapat menyebabkan anak untuk tumbuh normal lovebird atau cacat. Mungkin pada saat pertama keluar tidak semua telur bisa menetas atau mandul. Itu wajar dan tidak perlu terlalu khawatir tentang hal itu. Biasanya lovebird baru benar-benar produktif setelah peletakan kedua dan seterusnya.

Mandulnya telur lovebird biasanya disebabkan oleh orangtua yang terlalu muda. lingkungan dan gizi yang tidak sehat tidak cukup nutrisi atau miskin.

Jikau sterilitas terjadi terus menerus maka tersangka. Cobalah untuk membuka cangkang telur tidak menetas dan lihatiah pengembangan bagaimana embrio lovebird. Jika ternyata ada embrio tetapi hanya setengah jadi, kemungkinan besar ada yang salah dengan proses inkubasi telur. Telur bisa menyelinap keluar dari sarang agar tidak tererami oleh induknya.

Makanan Burung Love Bird

Makanan untuk indukan

Pangan atau pakan untuk peternak juga penting karena Lovebird induk akan melolohkan dikomsumsinya makanan untuk anak-anaknya biasanya dilakukan oleh pejantan, sehingga menjaga nutrisi dalam pakan Lovebird.

Disarankan bayam dan millet tetapi jika ingin mencoba varian lain yang biasanya memberikannya millet, biji kenari, biji sesawi, jagung, kubis, kecambah, jangan lupa untuk memberikan Lovebird Benelux Primus yang penting bagi orang tua dan anakanya karena mengandung jenis nutrisi yang sempurna dibesarkan membutuhkan di lovebird tersebut.

Makanan Untuk Anakan

Pakan untuk Lovebird bisa menggunakan instant bubur bayi yang dijual di toko-toko di sekitar tempat tinggal kita. Bubur bayi dicampur dengan air hangat, tidak terlalu panas dan tidak dingin, dapat makan dengan jarum suntik atau dengan sendok kecil tergantung pada kenyamanan Lovebird sendiri dan makan.

Nah ini dilakukan dengan mengambil mereka dari ibu mereka pada usia 11-15 hari tetapi jika saya sendiri biasanya saya akan memasuki kembali anakan sore kandang lovebird saat Gelodok. Makan dilakukan setidaknya sekali setiap 4 jam, sesuikan teratur jamnya dengan jadwal sibuk dapat diubah2 asal tertarur.

Setelah anak lovebird sekitar usia empat minggu, Anda bisa memberi mereka makanan untuk makan di tempat untuk berlatih makan pada anak lovebird. Makanan dapat diberikan potongan kecil buah atau sayuran, telur rebus, pelet dicampur dengan air hangat.

Untuk meningkatkan produktivitas Lovebird induk bisa dilakukan dengan mengambil anak-anak Lovebird pada usia sekitar 10 -14 hari. Selain itu, anak-anak akan menjadi Lovebird lebih jinak sehingga juga dapat meningkatkan Lovebird harga jual.

Anak Lovebird diletakkan pada alas di kotak yang diberikan handuk kain dan diberi lampu 5 watt untuk tetap hangat. Fakan untuk lovebird anak-anak dapat menggunakan instant bubur bayi yang dijual di toko-toko di sekitar tempat tinggal kita. Bubur bayi dicampur dengan air hangat. tidak terlalu panas dan tidak dingin.

Pada awalnya campuran diberikan dalam bentuk yang tidak terlalu tebal. tambah usia Lovebird anak, tingkat kekentalan makanan meningkat juga. Alatyang digunakan untuk memakai jarum suntik.

Makan dilakukan setidaknya setiap 4 jam sekali. secara teratur. dapat menggunakan jadwal sendiri. misalnya makan jadwal: 06: 00:10: 00:14: 00,18: 00. 23.00.

Ok …. Kawan 🙂 Apakah Kalian Berminat Untuk Budidaya Burung Cantik Ini ???? 🙂

5 Langkah Mudah Cara Budidaya Ternak Burung Lovebird Cantik