4 Cara Mudah Budidaya Tanaman Gembili Untuk Obat Herbal

Posted on

TutorialTani.Com – Gembili “Dioscorea esculenta L” merupakan tanaman umbi-umbian yang sekarang sudah sulit dijumpai di pasar. Penanamannya masih cukup luas di pedesaan walaupun juga semakin terancam kelestariannya. Gembili menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Umbi biasanya direbus dan bertekstur kenyal. Umbi gembili serupa dengan umbi gembolo, namun berukuran lebih kecil. Tumbuhan gembili merambat dan rambatannya berputar ke arah kanan (searah jarum jam jika dilihat dari atas). Batangnya agak berduri. Gembili dianggap sebagai tumbuhan berpotensi besar pada masa depan.

Gembili

4 Cara Mudah Budidaya Tanaman Gembili Untuk Obat Herbal

Untuk itu budidaya gembili mempunyai potensi untuk meningkatkan perekonomian masadepan dan dapat juga di gunakan sebagai bahan dasar obat herbal dan alami. budidaya gembili sangatlah mudah, Simak berikut tata cara budidaya tanaman gembili.

Baca Juga :

Persyaratan Tumbuh

  • Ketinggian tempat: 0-900 m dpl.
  • Curah hujan: 875-1.750 mm/tahun.

Bibit

  • Bibit diperbanyak dengan menggunakan umbi yang minimal bertunas dua atau dengan stek batang. Umumnya penanaman dilakukan pada bulan Oktober-Februari.

Pengolahan Tanah

  • Tanah diolah, lalu dibuat bedengan atau gulungan. Pada bedengan, jarak tanam ialah sebesar 90×130 cm. Sedangkan pada gulungan, jarak tanam yang baik ialah 90×90 cm.

Penanaman

  • Umbi yang bertunas ditanam dalam sedalam 5 cm, kemudian ditutup tanah. Pemulsaan dengan jerami atau rumput akan membantu keberhasilan penanaman.

Pemupukan

  • Pemberian pupuk K20 sebanyak 187 kg/ha dan P2O5 sebanyak 125 kg/ha diberikan pada saat menanam. Tiga bulan berikutnya diberikan pupuk Amonium Sulfat sebanyak 50 kg/ha.

Pemeliharaan

  • Penanaman harus diairi secara teratur, minimal seminggu sekali. Pengendalian gulma dengan pemulsaan menggunakan jarami atau rumput kering. Pengendalian nematoda yang sering menyerang akar dapat ditanggulangi dengan menggunakan nematisida.

Panen dan Pasca Panen

Umur panen Gembili ialah antara 6-9 bulan yang ditandai oleh menguningnya daun. Pemanenan Gembili tidak dapat ditunda-tunda, karena umbi mudah mengeras. Setelah panen, Gembili dapat disimpan ditempat kering, bebas hama, dan memiliki ventilasi yang baik.

Sumber : pusat-pkkp.bkp.pertanian.go.id

Demikian Pembahasan Tentang 4 Cara Mudah Budidaya Tanaman Gembili Untuk Obat Herbal Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca TutorialTani.Com Aminnn … 🙂