10 Langkah Panduan Lengkap Budidaya Ternak Bebek (Itik) Peking Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi

Posted on

TutorialTani.Com – Bebek atau Itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut.

Bebek kadang-kadang disamakan dengan beberapa burung air yang berhubungan jauh namun mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, dan coot.

Beberapa jenis bebek juga dapat melakukan kawin silang, namun menghasilkan keturunan yang steril dan tidak bisa memiliki keturunan. Seperti persilangan antara serati dan bebek pelari dapat menghasilkan keturunan steril, brati dan tiktok.

Bebek (itik)

10 Langkah Panduan Lengkap Budidaya Ternak Bebek (Itik) Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi

Macam – Macam Jenis Bebek (itik) 

Bebek Dikelompokkan Menjadi 3 Jenis, yaitu :

  • Bebek petelur seperti Indian Runner, Khaki Campbell, Buff (Buff Orpington) dan CV 2000-INA;
  • Bebek pedaging seperti Peking, Rouen, Aylesbury, Muscovy, Cayuga;
  • Bebek ornamental (itik kesayangan/hobby) seperti East India, Call (Grey Call), Mandariun, Blue Swedish, Crested, Wood.

Jenis bibit yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah jenis bebek, seperti bebek dost, bebek Khaki Campbell, alabio, itik mojosari, bebek bali, bebek CV 2000 INA dan jenis bebek petelur unggul lainnya adalah produk dari pengembangan CPM (Livestock Research Institute) Ciawi, Bogor.

Persiapan Kandang

Lokasi kandang yang perlu diperhatikan adalah: letak lokasi lokasi jauh dari keramaian/pemukiman penduduk, mempunyai letak transportasi yang mudah dijangkau dari lokasi pemasaran dan kondisi lingkungan kandang mempunyai iklim yang kondusif bagi produksi ataupun produktivitas ternak. Itik serta kondisi lokasi tidak rawan penggusuran dalam beberapa periode produksi.

Baca Juga :

Dalam beternak bebek yang pertama kita perhatikan yaitu persyaratan kandang yang ideal untuk beternak, di antaranya :

  • Kandang mempunyai suhu sekitar 39°C , jadi bebek lebih menyukai kondisi kandang yang lumayan panas dan terik.
  • Tingkat kelembapan udara yang ideal yaitu 60-65%.
  • Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian.

Model atau tipe kandang ada 3 (tiga) jenis, yaitu:

  • Kandang untuk anak itik (DOD) oada masa stater bisa disebut juga kandang box, dengan ukuran 1 m 2 mampu menampung 50 ekor DOD.
  • Kandang Brower (untuk itik remaja) disebut model kandang Ren/kandang kelompok dengan ukuran 16-100 ekor perkelompok.
  • Kandang layar ( untuk itik masa bertelur) modelnya bisa berupa kandang baterei ( satu atau dua ekor dalam satu kotak) bisa juga berupa kandang lokasi ( kelompok) dengan ukuran setiap meter persegi 4-5 ekor itik dewasa ( masa bertelur atau untuk 30 ekor itik dewasa dengan ukuran kandang 3 x 2 meter).

Kondisi stabil dari bahan yang tidak harus mahal tetapi cukup sederhana asal tahan lama. Selanjutnya, kandang dilengkapi dengan beberapa perlengkapan, seperti: tempat makan, di mana untuk minum dan perelengkapan tambahan lainnya.

Persiapan Pembibitan

Gunakan salah satu dari dua jenis pembibitan DOC atau bebek dara. Jika Anda ingin produksi bebek cepat, atau bisa memakai bebek dara. Sebaliknya, jika ingin mengurangi biaya pembelian bibit maka dapat membeli DOC bibit untuk memelihara bebek pedaging bebek dengan kualitas unggul.

Penggunaan benih bebek dara dan DOC sama memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, harga yang ditawarkan dari DOC benih lebih terjangkau daripada membeli bebek dara, tapi bebek dara memiliki keuntungan untuk dapat menghasilkan lebih cepat.

Ketika Membeli DOC, yang harus dilakukan perawatan yang memadai seperti pemanasan DOC dan vaksinasi. Tapi jika lebih memilih untuk membeli bebek dara, tidak perlu disibukkan dengan vaksinasi dan pemanasan kandang.

Berikut cara memilih bibit bebek dengan kualiatas baik :

  • Belilah telur tetas dari indukan itik yang terjamin kualitasnya.
  • Anda bisa juga memelihara indukan itik pejantan dan betina untuk menghasilkan telur tetas, lalu letakkan pada ayam, menthok atau mesin tetas.
  • Beli DOD dari pembibitan yang sudah diakui oleh Dinas Peternakan setempat atau sudah mendapat reputasi baik dari para peternak bebek yang lain.
  • DOD yang memiliki kualitas yang baik yaitu tidak ada cacat atau sakit dan bulunya berwarna kuning mengkilap.

Perawatan Bibit Dan Calon Induk

Perawatan Bibit

Benih DOD, yang baru saja tiba dari pembibitan, hendaknya ditangani secara teknis agar tidak salah rawat. The penangBibit diterima dan ditempatkan pada kandang brooder (tanaman) yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam brooder adalah temperatur brooder diusahakan yang anak itik tersebar merata, kapasitas kandang brooder (box) untuk 1 m² mampu menampung 50 orang DOD, di mana makanan dan minuman tempat sesuai dengan ketentuan yang jenis pakan itik fase starter.

Tambahkan VITERNA dalam air minum untuk memberi energi bebek bibit dan menghindari stres yang dapat mengakibatkan kematian yang tinggi bibit itik.

Perawatan calon Induk

Calon induk itik ada dua macam yaitu induk untuk produksi telur konsumsi dan induk untuk produksi telur tetas. Perawatan keduanya sama saja, perbedaannya hanya pada induk untuk produksi telur tetas harus ada pejantan dengan perbandingan 1 jantan untuk 5 – 6 ekor betina.

Reproduksi dan Perkawinan

Reproduksi atau perkembangbiakan dimaksudkan untuk mendapatkan telur tetas yang fertil/terbuahi dengan baik oleh itik jantan. Sedangkan sistem perkawinan dikenal ada dua macam yaitu itik hand mating/pakan itik yang dibuat oleh manusia dan nature mating (perkawinan itik secara alami).

Pemeliharaan Bebek (itik)

  • Sanitasi dan Tindakan Preventif

Sanitasi kandang mutlak diperlukan dalam pemeliharaan itik dan tindakan preventif pencegahan penyakit perlu diperhatikan sejak dini untuk mewaspadai timbulnya penyakit.

  • Pengontrol Penyakit

Dilakukan setiap saat dan secara hati-hati serta menyeluruh. Cacat dan tangani secara serius bila ada tanda-tanda kurang sehat pada itik.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan itik tersebut dalam tiga fase, yaitu fase stater umur 0–8 minggu, fase grower umur 8–18 minggu dan fase layar umur 18–27 minggu. Pakan ketiga fase tersebut berupa pakan jadi dari pabrik .

  • Umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder).
  • Umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder dan sebaran dilantai.
  • Umur 21 hari samapai 18 minggu disebar dilantai.
  • Umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara yaitu : 7 hari pertama secara pakan peralihan dengan memperhatikan permulaan produksi bertelur sampai produksi mencapai 5%. Setelah itu pemberian pakan itik secara ad libitum (terus menerus).

Tata Laksana Pemeliharaan

  • Pemeliharaan Kandang.
  • Kandang hendaknya selalu dijaga kebersihan dan daya gunanya agar produksi tidak terpengaruh dari kondisi kandang yang ada.

Serangan Penyakit

Secara garis besar penyakit itik dikelompokkan dalam dua hal, yaitu :

  1. Penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri dan protozoa.
  2. Penyakit yang disebabkan oleh defisiensi zat makanan dan tata laksana perkandangan yang kurang tepat.

Jenis penyakit yang biasa terjangkit pada itik adalah :

Penyakit Duck Cholera
Penyebab : 

  •  Bakteri Pasteurela avicida.

Gejala: 

  • Mencret,
  • Lumpuh,
  • Tinja kuning kehijauan.

Pengendalian: 

  • Sanitasi kandang,pengobatan dengan suntikan penisilin pada urat daging dada dengan dosis sesuai label obat.

Penyakit Salmonellosis
Penyebab: 

  • Bakteri typhimurium.

Gejala : 

  • Pernafasan sesak, mencret.

Pengendalian: 

  • Sanitasi yang baik, pengobatan dengan furazolidone melalui pakan dengan konsentrasi 0,04% atau dengan sulfadimidin yang dicampur air minum, dosis disesuaikan dengan label obat.

Panen

  • Usaha ternak itik petelur adalah telur itik.
  • Panen tambah berupa induk afkir, itik jantan sebagai ternak daging dan kotoran ternak sebagai pupuk tanaman yang berharga.

Di kutip Dari Sumber : www.produknaturalnusantara.com

Demikian Ulasan Tentang 10 Langkah Panduan Lengkap Budidaya Bebek (Itik) Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi Semoga Dapat Bermanfaat Amin … 😀